PENERAPAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN RETELL STORY PADA SISWA KELAS VIII SMP PAB 10 MEDAN

Putri Handayani, Zaharuddin Nur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektif teknik self instruction dalam untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa melaksanakan pembelajaran retell story pada siswa kelas VIII SMP PAB 10 Medan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMP PAB 10 Medan. Teknik penarikan sampel adalah dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah model Skala Likert. Tujuan penelitian pertama dan kedua dianalisis dengan teknik self Instruction. Selanjutnya, tujuan ketiga dianalisis dengan uji Wilcoxon.

Pada penelitian ini ditemukan bahwa teknik self instruction meningkatkan kepercayaan diri siswa melaksanakan pembelajaran retell story pada siswa SMP PAB 10 Medan. Kemudian agar dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa melaksanakan pembelajaran retell story pada siswa secara maksimal harus diterapkan layanan secara berkesinambungan agar dapat mengubah perilaku yang tidak baik menjadi lebih baikdan pengembangan program BK di sekolah harus di perhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Annisa, Ana & Catharina Tri Anni. 2015. Studi Kasus Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri Kota Surakarta. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. 4(4).

Arikunto.2014. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aulia, Dea, Firman, Nevlyerni. 2022. Penyusunan Program BK di Tingkat SMA. Jurnal Education &Learning .2(2).

Kartika, Marini. 2019. Penerapan Teknik Self Instruction Untuk Meingkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Low Self Confidence Pada Pembelajaran Fisika Kelas VII A SMPN 4 Tellulimpoe Kab. Sinja. Skrip. UIN Alauddin

Nuraeni, Intan. Milda Yanuvianti. 2018. Identifikasi Permasalahan Perancangan Program Bimbingan Dan Konseling Pada Guru SMK Di Kota Yogyakarta. Prosiding Psikologi.Universitas Islam Bandung.4(1).

Nove, Albertus Hengka, dkk. 2021. Efektivitas teknik diskusi dalam bimbingan kelompok untuk membantu dalam membantu meningkatkan percaya diri siwa. Jurnal Konseling dan Pendidikan.9(4).

Noviawati, Elvi. Syamsu Yusuf L.N, A Juntika Nurihsan. 2016. Efektivitas Program Bimbingan dan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Regulasi Diri, Efikasi Diri, dan Prestasi Akademik. Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. 3(2).

Pautina, Amalia Rizki,dkk. 2021. Efektivitas Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling pada Madrasah Unggulan. IRFANI: Jurnal Pendidikan Islam. 17(1).

Pratiwi, Septiana. 2018. Pengaruh Prestas Terhadap Kepercayaan Diri Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Melati. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Putri, Julia Eva. 2022. Efektivitas Teknik Self-Instruction dalam Menangani Kepercayaan Diri Siswa.

Rokke, P.D & Rehm, L.p. Self Management Therapes. Dalam Dobson. K.S. (Penyunting), Handbook of Cognitive Behaviour Therapies. New York: The Guilford Pers, 2001.

Safaria, T & Saputra, N. 2009. Manajemen Emosi. Jakarta: Bumi Aksara. Sugara, Gian Sugiana. 2011. Efektivitas Teknik Self-Instruction dalam Menangani Kejenuhan Belajar. Skripsi PPB FIP UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Widyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.