EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN KONTROL DIRI PENGGUNAAN GADGET SISWA KELAS X TKJ 1 SMK YPK MEDAN

Tria Ifna, M. Fauzi Hasibuan

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam meningkatkan kontrol diri penggunaan gadget pada siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok menggunakan media pembelajaran tebak kata. Sedangkan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK YPK Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa untuk mengetahui kontrol diri penggunaan gadget. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memiliki kontrol diri penggunaan gadget yang rendah sehingga ketidakmampuan siswa dalam mengendalikan diri dalam penggunaan gadget terutama dilingkungan sekolah dan pada saat belajar. Hasil uji analisis menggunakan uji  dan uji analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan antara lain: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kontrol diri penggunaan gadget siswa pada kelompok eksperimen sebelum (pre test) dan sesudah (posttest) dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan media pembelajaran tebak kata.  (2) terdapat perbedaan yang signifikan kontrol diri penggunaan gadget siswa pada kelompok kontrol sebelum (pre-test) dan sesudah (posttest) dengan layanan bimbingan kelompok. (3) terdapat perbedaan yang sidnifikan kontrol diri penggunaan gadget siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan (treatment).


Full Text:

PDF

References


Ahmad, A.(2020), Pengaruh penggunaan Gadget terhadap perilaku remaja dalam keluarga., Volume 05 Nomor 02, 2020

Andriani, I. D., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tebak Kata Pada Materi Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(2), 65–71.

Antonius Simamora. (2016). Persepsi Orang Tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pendidikan Dasar Di Perumahan Bukit Kemiling Permai Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Skripsi. Tidak Diterbitkan. FKIP Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Depok :PT Rajafindo Persada

Chusna, p. (2017). pengaruh media Gadget pada perkembangan karakter anak.

Bakar Abu. 2011. Dasar-dasar Konseling. Bandung: Cita pustaka Media Perintis.

Bachri Thalib, S. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif (1st ed.). Jakarta: Kencana, Prenada Media.

Debora, N., & Sukmawati, I. (2021). Hubungan Kontrol Diri Dengan Penggunan Gadget Siswa SMA. Jurnal Neo Konseling, 3(3).

Dwi Marsela, R., & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri: Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(2), 65–69.

Fitriana, S. (2018). self management terhadap kontrol diri siswa dalam penggunaan handphone kelas xi sma mardisiswa (vol. 5, issue 1).

Ghufron, Risnawati. 2019. Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Arruz-media.

Ita Musfirowati Hanika, “Fenomena Phubbing di Era Milenia (Ketergantungan Seseorang pada Smartphone terhadap Lingkungannya,” Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 4, No 1, 2015, hal. 43

Juliadi. (2018). Penyebab Penggunaan Gadget Pada Remaja. Skripsi. Tidak Diterbitkan. FKIP Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Riau Kepulauan Batam.

M. Nur Ghufron &Rini Risnawita S, Teori-teori Psikologi, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011) hal 22

Nurlaelah Syarif, Pengaruh Perilaku Pengguna Smartphone Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK IT Airlangga Samarinda, (eJurnal IlmuKomunikasi Univ. Mulawarman, 2015), hal. 218

Pavithra, M., Madhukumar, S., & Murthy, M. (2015). a Study On Nomophobia - Mobile Phone Dependence, Among Students of a Medical College in Bangalore. Original Article, 6(2), 340–344.

Putri, M.S., Daharnis., & Zikra. (2017). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Membolos Siswa. Konselor, 6 (1)

Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sma Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. 1(1), 100–111.

Rusmana, Nandang. 2009. Bimbingan Dan Konseling Kelompok Di Sekolah (Metode, Teknik Dan Aplikasi). Bandung: Rizqi Press.

Said, A. dan Budimanjaya. A. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta : Prenada Media Group.

Sulasmi, R. E., Unila, F., Sumantri, J. P., No, B., Program, B. L., Fakultas, P., Dan, K., & Pendidikan, I. (n.d.). Peningkatan motivasi belajar melalui kelompok dengan permainan smp negeri 5 natarlampung selatan.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur: Masmedia Buana Pustaka

Syamsiyah, N., & Wedyawati, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tebak Kata Pesawat Sederhana Kelas V. Vox Edukasi, 8(1), 30–41.

Syerif Nurhakim, Dunia Komunikai dan Gadget, (Jakarta: Bestari Buana Murni, 2005), hal. 41

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Suliyanto. (2005). Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran. Ghalia Indonesia.

Tohirin. (2008). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Raja Grafindo Persada.

Ummu Syaroh A.(2019) (n.d.). Faktor kontrol diri dalam penggunaan Gadget (smartphone) pada siswa (vol. 6).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.