PENGARUH TEKNIK BATU BACAN (BACA TULIS BACA CERITAKAN) MELALUI LAYANAN KONTEN TERHADAP PENINGKATAN MINAT LITERASI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 16 LUBUK PAKAM

Nita Widiyanti Purba, Sri Ngayomi Yudha Wastuti

Abstract


Permasalahan terkait literasi sering terjadi ditingkat pendidikan. Pendidikan siswa SMP menopang kemampuan minat literasi sebagai komponen inti dalam AKM (Assesmen Kompetensi Minimum) pengganti ujian Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil skor minat siswa sebelum dan sesudah diberi penguatan berupa layanan penguasaan konten dan melihat pengaruh layanan penguasaan konten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen yaitu one group pretest dan posttest design melalui pendekatan kuantitatif Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII dan kelas VIII yang berjumlah 63 siswa SMP Muhammadiyah 16 lubuk pakam, dan sampel berjumlah 30 siswa yang berada pada kelas VIII ditentukan dengan menggunakan teknik batu bacan. Penggunaan instrumen dalam penelitian ini berupa pengumpulan data melalui observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra diri siswa sebelum diberikan perlakuan (pre-test) cenderung rendah dengan skor rata-rata 42,03. Setelah diberikan perlakuan (post-test) citra diri siswa cenderung meningkat dengan skor rata-rata 84,20 dari hasil perhitungan melalui bantuan SPSS versi 26. Terdapat kriteria tolak Ho dan terima Ha apabila probabilitas (sig. 2 tailed)  < α, (α = 0,05), hasil menunjukkan angka probabilitas (sig-2 tailed) siswa sebesar (0,030) atau probabilitas dibawah alpha 0,05 (0,030 < 0.05), Dari hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Demikian dengan kata lain layanan penguasaan konten dengan Teknik batu bacan berpengaruh terhadap peningkatan minat literasi siswa.


Full Text:

PDF

References


Ariyani, R., Habibah, H., & Puspita, D. (2021). Membangun Budaya Literasi Mahasiswa Di Stai Syekh Maulana Qori (Smq) Bangko. Jurnal Literasiologi, 6(2), 143–151.

Feriyanti, Y. G. (2020). Komunikasi Pendidikan antara Guru dan Murid dalam Memberikan Keterampilan Literasi (Study pada Siswa-siswi SD N 20 Sungailiat Bangka). KLITIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 45–54.

Hanum, M., Prayitno, P., & Nirwana, H. (2015). Efektifitas Layanan KonselingPerorangan Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Belajar. Konselor, 4(3), 162.

Imran, R., Rahayu, I., Marshanda, & Aya, A. (2020). C Jangan khawatir, ini perasaan Yabrikis, Dekorasi bio-profesional 1, kesehatan yang baik, 2 Cepat, 3 Hati-hati, Yer 4 Jurnal Psikologi Kesehatan Triwulan, 8(32), 73-92.

Lubis, E. L. S. (2019). Peran Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 050718 Cempa. Jurnal Sintaksis, 1(1), 1–7.

Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707.

Masdudi. (2015). Bimbingan dan Konseling Prespektif sekolah. Nurjati Press, 215.

Putra, A. K., Firman, & Syahniar. (2019). Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa dalam Belajar. Jurnal Neo Konseling, 0(0), 1–7.

Republik Indonesia, P. (2017). UU RI No. 3 Tahun 2017 Tentang Sistem Perbukuan. Kementerian Keuangan Republik Indonesia, 1–46.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandun: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Syahidin, S. (2020). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(3), 373–381.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33.

Turnadi. (2018). Memaknai Peran Perpustakaan dan Pustakawan dalam Menumbuh kembangkan Budaya Literasi. Media Pustakawan, 25(3), 69.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v2i2.3140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.