ANALISIS PERMASALAHAN SISWA BERDASARKAN HASIL ALAT UNGKAP MASALAH (AUM) UMUM DALAM PENERAPAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 37 MEDAN

Wilia Safitri, Mohammad Al Farabi, Mohammad Al Farabi, Ade Chita Putri, Ade Chita Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru BK dalam melaksanakan Layanan Konseling Kelompok dan menyebarkan alat instrumen berupa Alat Ungkap Masalah atau AUM Umum. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang bermasalah pada kelas VII di SMP Negeri 37 Medan. Permasalahan siswa pada saat ini tidak lagi berputar pada masalah yang sederhana. Banyak permasalahan-permasalahan rumit terkait pribadi, pembelajaran, sosial, serta karir yang dihadapi oleh siswa. Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsikan bagaimana Layanan Konseling Kelompok yang diberikan Guru BK terhadap siswa dengan menggunakan metode kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Negeri 37 Medan pada dasarnya telah menerapkan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dengan baik. Layanan-layanan telah diberikan secara maksimal kepada peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Ade C., P., H, 2021. Pedoman Kelompok dalam Konseling. Yogyakarta: Mirra Buana Media

Devianti, R., Sari, S., L. 2020. Penggunaan Aplikasi Instrumen pada Pelayanan Bimbingan dan Konseling disekolah. Jurnal of counseling & development, 2(1), 78.

Fitri, E., N., Marjohan. 2016. “Manfaat Layanan Konseling Kelompok dalam Menyelesaikan Pribadi Siswa”. Padang: Jurnal EDUCATIO, 2(2), 22.

Juwanto. 2020. Peran Guru BK Terhadap Penggunaan Hanphone Oleh Siswa di SMA II Perbaungan Kota Padang. JURNAL PSIKODIDAKTIKA, 5(1), 89.

Khairani, suryani. 2017. Pendapat Siswa Tentang Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok. Padang: Jurnal EDUCATION, 3(1), 55.

Nurasyah. 2019. Mengatasi Masalah Konseli Dengan Menggunakan AUM Pada Mahasiswa BK UMN AL WASLIYAH. Prosiding Seminar Nasional & Exspo Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 578.

Prayitno, dkk. 2019. Panduan Alat Ungkap Masalah AUM Umum. Padang: Kementrian Agama.

Prayitno,& Erman, A. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasetiawan, H. 2016. Upaya Kecanduan Game Online Melalui Layanan Konseling Kelompok. Lampung: Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 118.

Seriwati, S. 2017. Penerapan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri di Sekolah . Banjarmasin: Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 5.

Suryani, R., Said, A., Sukmawati I. 2019. Hambatan yang dialami Guru BK Untuk Melaksanakan Instrumen Non Tes Dalam Pelayanan BK dan Usaha Mengatasinya. Padang: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 36.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 (2003). Jakarta: Sinar Grafika.

Wirati, R., A., P., Dharmayana, W., Herawati, A., A. 2022. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Kontrol Diri Untuk Mengendalikan Kecanduan Internet Terhadap Pengguna Tiktok. Bengkulu: CONSILIA Jurnal Ilmiah BK, 5(2), 189.

Wulandari, F., D., Mayasari D., Wahyudianto. 2018. Upaya Menurunkan Kecanduan Bermain Facebook Dengan Konseling Kelompok Teknik Self Management Kelas XII Listrik SMK RADEN PATAH KOTA MOJOKERTA TAHUN AJARAN 2018/2019.surabaya: jurnal HELPER, 35(2), 19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.