UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AHLAK MATERI IMAN KEPADA HARI AKHIR DAN ALAM GAIB YANG BERHUBUNGAN DENGAN HARI AKHIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI

Zuraini Asnita

Abstract


Masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Ahlak Materi Iman Kepada Hari Akhir dan Alam Gaib yang Berhubungan dengan Hari Akhir Dengan Menggunakan Metode Diskusi di MTsN 7 Aceh Tengah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi pada Iman Kepada Hari Akhir dan Alam Gaib yang Berhubungan dengan Hari Akhir Dengan Menggunakan Metode Diskusi di MTsN 7 Aceh Tengah. Subjek dalam penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik MTsN 7 Aceh Tengah yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian berdasarkan angket pada kondisi awal mencapai rata-rata 51,35 sebanyak 7 orang siswa (20%) yang termotivasi dalam belajar. Pada siklus I mencapai rata-rata 62,55 sebanyak 17 orang siswa (50%) yang termotivasi dalam belajar. Dan pada siklus II mencapai rata-rata 67,94 sebanyak 29 orang siswa (85%) yang termotivasi dalam belajar. Hal ini diketahui bahwa tingkat motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil observasi yang diperoleh pada saat dilakukan tindakan kepada siswa dengan diterapkannya metode diskusi bahwa motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I  sebanyak 16 orang siswa (48%) yang tergolong cukup, dan 18 orang siswa (52%) yang tergolong kurang atau memiliki rata-rata 2,04. Sedangkan pada siklus I pertemuan ke II sebanyak 15 orang siswa (44%) yang tergolong baik, 15 orang siswa (44%) yang tergolong cukup, dan 4 orang siswa (12%) yang tergolong kurang atau memiliki rata-rata 2,77. Pada siklus II pertemuan ke I sebanyak 21 orang siswa (61%) yang tergolong baik, dan 13 orang siswa (39%) yang tergolong cukup atau memiliki rata-rata 3,12. Sedangkan siklus II pertemuan ke II sebanyak 16 orang siswa (48%) yang tergolong sangat baik, 17 orang siswa (50%) yang tergolong baik, dan 1 orang siswa (2%) yang tergolong cukup atau memiliki rata-rata 3,82. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Ahlak Materi Iman Kepada Hari Akhir dan Alam Gaib yang Berhubungan dengan Hari Akhir Dengan Menggunakan Metode Diskusi di MTsN 7 Aceh Tengah.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

A.M, Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Campbell Linda, Campbell Bruce, Dickinson Dee. (2006). Metode Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Depok : Intuisi Press.

Dewi, Rosmala. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Medan : Program Pascasarjana.

Dimyati, dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sumiati, dan Asra. (2008). Metode Pembelajaran. Bandung : CV. Wacana Prima.

Suciati, (2007). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Uno, B, Hamzah. (2007). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.