KERAGAMAN SOSIOKULTURAL MASYARAKAT

Fauziah Nasution, Meiliza Sartika, M. Farhan Dwiky Nanda, Adinda Dea Nazhira

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang keragaman sosiokultural. Untuk memahami sosiokultural lebih dalam maka penelitian ini menjelaskan tentang konsep yang berkaitan tentang sosiokultural yakni identitas budaya, pluralisme, multikulturalisme serta ingin melihat keragaman sosiokultural yang ada pada interkasi antara budaya. Metode yang digunakan adalah studi kasus karena penelitian ini mencari data dari sumber buku dan jurnal terdahulu. Hasil penelitian ini adalah, penelitian ini menjelaskan tentang konsep-konsep seperti identitas budaya, pluralisme, dan multikulturalisme memberikan kerangka kerja untuk memahami dan menghargai perbedaan dalam masyarakat. Penelitian ini juga menunjukkan interaksi antarbudaya dari penelitian terdahulu tentang pengungkapan identitas kultural, akulturasi, dan kesadaran budaya.

Kata Kunci: Sosiokultural, keragaman sosiokultural, interaksi antar budaya


Full Text:

PDF

References


Aulia, R. (2020). Model Komunikasi Antarbudaya dalam mewujudkan Nilai-nilai Multikulturalisme melalui Kearifan Lokal Marjambar di Kelurahan Bunga Bondar Sipirok (Doctoral dissertation).

Fahruroji, & Setiawan, M. (2022). Masyarakat Madani: Pluralisme dan Multikulturalisme. Zahir Publishing.

Fitriana, D. (2018). Pengaruh Akulturasi Dalam Proses Interaksi Antarbudaya Terhadap Kesadaran Budaya Berbahasa Daerah Setempat Bagi Mahasiswa Ranta. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare.

Fuadi, A. (2020). Keragaman Dalam Dinamika Sosial Budaya Kompetensi Sosial Kultural Perekat Bangsa. Deepublish.

Liliweri, A. (2019). Pengantar studi kebudayaan. Nusamedia.

Liliweri, A. (2021). Antara Nilai, Norma dan Adat Kebiasaan: Seri Pengantar Studi Kebudayaan. Nusamedia.

Maahuri, Y. R. (2022). Pluralisme di Kabupaten Jayapura sebagai Sketsa Pemikiran Membangun Bhineka Tunggal Ika menuju Indonesia Damai. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 157–181.

Muhammad, F., & Aggasi, A. (2020). Akomodasi Komunikasi Dalam Interaksi Antar Budaya Masyarakat Ex Timor Timur Dengan Masyarakat Sumbawa Di Desa Penyaring Kabupaten Sumbawa. KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science, 2(1), 1–11.

Noventari, W., Ariana, Y., Raharjo, R., & Suryaningsih, A. (2017). Kajian Urgensi Pendidikan Hak Asasi Manusia Dalam Dinamika Masyarakat Multikultural di Indonesia. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 1(1–19).

Rozi, M. F. (2017). Pluralisme Danmultikulturalisme Dalam Membangun Masyarakat. Madani; Kajian Paradigmatik. Al-Ibrah, 2(2), 104–127.

Salsabila, H. (2011). Akomodasi Komunikasi dalam Interaksi Antarbudaya. Universitas Diponogoro.

Touwe, S. (2020). Tanggungjawab Ilmuan Sosial Dalam Memposisikan Peran Dan Permasalahan Budaya Lokal Untuk Penguatan Etika Pluralisme Bangsa. Lani: Jurnal Kajian Ilmu Sejarah Dan Budaya, 1(1), 40–56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.