PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI METODE CERITA PADA ANAK USIA DINI

Sulaika Marito Nst, Siti Khairiyah, Salsabila Humairah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif peserta didik anak usia dini di TK Cahaya Bangsa Medan. Dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari, para guru di Taman Kanak-Kanak selalu menggunakan metode bercerita sebagai pendekatan utama, disamping metode lain yang sesuai untuk pendidikan anak. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan sampel 10 anak usia 5-6 tahun yang termasuk dalam kelompok B. Penelitian dilakukan di TK Cahaya Bangsa Medan yang berlokasi di Jl. Rela No. 97 Pancing, Medan Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak Kelompok B di TK Cahaya Bangsa Medan berkembang secara optimal sesuai dengan usia dan tahapan perkembangan anak, serta potensi individu mereka. Kemampuan kognitif yang dikembangkan ini mencakup penerimaan dan ekspresi bahasa, ingatan, pemikiran realistis, pengenalan angka, dan pengamatan yang cermat dan terperinci. Perkembangan kemampuan kognitif yang optimal pada anak di Cahaya Bangsa  Kindergarten dipengaruhi oleh berbagai faktor kolaboratif. Faktor tersebut antara lain tersedianya bahan ajar yang beragam yang selaras dengan isi yang disajikan serta pemilihan dan penggunaan metode yang tepat yang merangsang berbagai aspek perkembangan anak. Metode bercerita baik dengan maupun tanpa menggunakan alat merupakan pendekatan yang paling sering digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Metode Bercerita, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Afandi. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press

Ariyanti. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Voulme 8 No 1.

Indarwati,Anis. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Melalui Beberapa Metode. Jurnal Psycho Idea, Tahun 15. No.2, ISSN 1693-1076

Jamaris. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak. Jakarta : Gramedia

Karim & Wifroh. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Volume 1, Nomor 2.

Nuriani. (2014). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Alat Peraga Tiruan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Minat Belajar Anak. E-journal Pasca sarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2.

Prihanjani,dkk.(2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Volum 4. No. 3

Susanto,Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara

Tehupeiory dkk. (2014). Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak. E-journal Universitas Pedidikan Ganesha. Volum 2 No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v2i1.2755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.