PENGARUH GURU BK DENGAN LAYANAN INFORMASI TERHADAP PEMILIHAN KARIR DI KELAS XII DI SMK IMELDA MEDAN TA 2022/2023

Nur Azizah Siti Fatimah, Sri Wahyuni, Mahidin Mahidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran guru Bimbingan dan Konseling dengan layanan informasi terhadap pemilihan karir siswa di kelas XII SMK Imelda, Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen non-equivalent control grup design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XII SMK Imelda, Medan,  Tahun Ajaran 2022-2023 yang berjumlah 253 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa. Prosedur penelitian yang dilaksanakan menerapkan tiga langkah yakni Pre-Test, Proses Pemberian Layanan Informasi, dan Post-Test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket mengenai pemilihan karir dengan jumlah pernyataan sebanyak 30 butir pernyataan. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil temuan ini menunjukkan: 1.) adanya pengaruh peran guru dengan layanan informasi terhadap pemilihan karir siswa di kelas XII SMK Imelda, Medan dengan thitung > ttabel yaitu 7,349 > 1,994, atau terdapat nilai rata-rata pada tes awal adalah 50,3 dan nilai rata-rata tes akhir adalah 81,7 sehingga diperoleh selisih 31,67 poin atau terdapat nilai rata-rata tes awal adalah 55,78 dan nilai rata-rata tes akhir adalah 71,8, sehingga diperoleh selisih 16,03 poin; Simpulan pada penelitian ini menjelaskan bahwa keputusan siswa dalam memilih karir menjadi lebih baik karena adanya peran guru Bimbingan dan Konseling dengan pelaksanaan layanan informasi.

Kata Kunci: Guru BK, Layanan Informasi, Pemilihan Karir


Full Text:

PDF

References


Aminuddin, D., & Mulyadi, M. (2020). Efektivitas Layanan Informasi Karir Dalam Meningkatkan Kemampuan Perencaanaan Karir Siswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 52. https://doi.org/10.37064/consilium.v6i2.6365

Amti, Prayitno Erman. 2004. Dasar – dasar Bimbingan dan Konseling Edisi revisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Appulembang, Y. A., Agustina, A., Sianipar, C. S., Sawitri, D. R., Permadin, M. L. P., Tere, M. I., … ... (2019). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Pemilihan Karir Siswa. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 212–220. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/17915

Ardiansyah. 2018. Bimbingan dan Konseling Remaja “studi komperasi SMP IT Abu Bakar dan SMP Taman Dewasa Ibu Pawiatan Yogyakarta. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, Beni. 2010. Konseling karir. Curup: LP2 STAIN.

DEPAG RI. 2012. Al-Quran Dan Terjemahannya. Bandung: Dipenogoro.

Dewa Ketut Sukardi. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rhineka Cipta.

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. 2009. “Penulisan Modul”. https://teguhsasmitosdp1.files.wordpress.com diakses tanggal 13 Agustus 2022.

Fitriyanti, I., Ferdiansyah, M., & Arizona. (2019). PERAN GURU BK DALAM MENGIDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMA BINA JAYA PALEMBANG. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 72–80.

Glading, Samuel.T. 2012. Konseling Profesi Yang Menyeluruh. Jakarta: Indeks.

Gunawan, Yusuf. 1987. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Hasbullah. 2010. Otonomi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

I Putu Ade. 2018 ( dkk). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statisti dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Jaya., Indra 2018. Penerapan Statistik Untuk Pendidikan, Medan; Perdana Publishing.

Kamil, Badrul dan Dianiati. 2016. Layanan Informasi Karir Dalam Meningkatan Kematangan Karir Pada Peserta Didik Kelas X Di Sekolah Madrasak Aliyah Qudsiyah kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajran 2016/2017.

Khofifah, A., Sano, A., & Syukur, Y. (2017). Permasalahan Yang Disampaikan Siswa Kepada Guru Bk/Konselor. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 45. https://doi.org/10.29210/12017271

Lumongga Lubis Namora. 2011. Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Mahdi. (n.d.). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KESUKSESAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Jurnal Edukasi, 1–15.

Ningrum, Ita Juwita. 2015. Program Bimbingan Karir Untuk Kematangan Karir Siswa.. Jurnal Konseling Gusjigang Vol. 1 No. 1.

Putri, N. D. (2019). PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PERENCAAN KARIR SISWA KELAS Xl DI SMA NEGERI 1 JARAI MELALUI MEDIA POHON KARIR. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 158. https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4833

Prayitno. 2011. Bimbingan Karir: Seri Layanan Bimbingan Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Prayitno. 2009. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. 2010. Metodologi Penelitian Kuantutatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Republik Indonesia. 2006. Undang-undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen & Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang sisdiknas. Bandung: Permana.

Rusydi Ananda dan Muhammad Fadhli. 2018. Statistik Pendidikan, Medan: Widya Puspita.

Sarwono, Sarlito W. 2014. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Soekanto, Soerjono. 2002. Teori Peranan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Proses Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2010 Psikologi Pemilihan Karir. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutijono. 2008. Penerapan Layanan Informasi Karir Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemilihan Karir Peserta didik Kelas XIII SMAN I Krembung Sidoarjo. Universitas Negeri Surabaya.

Syafriana, Henni dan Abdillah. 2019. Bimbingan Konseling (Konsep, Teori dan Aplikasinya). (Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Syamsuddin, Abin. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. 2009. Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling diSekolah Madrasah (berbasisintegrasi Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang, Sistem Pendidikan Nasional.

Walgito, Bimo.2004. Bimbingan dan Konseling Studi dan Karier. Yogyakarta: Andi Offset.

Wibowo, N. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9354

Wiguna, P. T. (2018). Hubungan Pemahaman Karir dengan Pemilihan Karir.

Winkel, W.S. 2014. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Winkel, W. S dan Sri Hastuti. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v2i1.2752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.