ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PERILAKU AGRESIF SISWA MAN 1 ACEH TENGGARA

Ainun Salsabila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) perilaku agresif siswa MAN 1 Aceh Tenggara 2) jenis perilaku agresif siswa MAN 1 Aceh Tenggara 3) faktor penyebab perilaku agresif siswa MAN 1 Aceh Tenggara.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, teman sebaya siswa yang berperilaku agresif, dan siswa yang berperilaku agresif. Analisis data menggunakan analisis data dari model Milles dan Huberman meliputi reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik penjamin keabsahan data menggunakan teknik credibility, transferability, dependabilitas, confirmability.

Hasil penelitian ini mengungkapkan 3 temuan yaitu 1) perilaku agresif siswa MAN 1 Aceh Tenggara bermacam-macam secara verbal dan non verbal seperti memukul, berkelahi, membullying dan memaki teman sebaya, perilaku ini biasanya terjadi secara terus-menerus 2) jenis perilaku agresif siswa MAN 1 Aceh Tenggara juga beragam baik itu agresif fisik langsung yaitu tindakan yang dilakukan secara fisik oleh individu atau kelompok dengan cara berhadapan langsung dengan sasaran perilaku agresif, seperti memukul, berkelahi. 3) faktor penyebab perilaku agresif pada siswa MAN 1 Aceh tenggara adalah faktor lingkungan, yang diawali dengan adanya dorongan dari teman-teman sebaya sehingga siswa tersebut melakukan perilaku agresif.

Perilaku agresif siswa disekolah MAN 1 Aceh Tenggara berbeda-beda, perilaku ini ditandai dari tingkat perilaku agresif yang dilakukan perilaku yang ditunjukan oleh siswa ialah, membullying, memaki, menendang, dll. Jenis perilaku agresif di MAN 1aceh tenggara ada agresif fisik langsung, agresif verbal aktif. Faktor penyebab perilaku agresif pada siswa MAN 1 Aceh Tenggara ada eksternal dan internal, dalam penelitian ini siswa yang beperilaku agresif dipengaruhi karna adanya faktor lingkungan, lebih tepatnya teman sebaya disekolah MAN 1 Aceh Tenggara.

Kata Kunci: Analisis Faktor, Perilaku Agresif, Siswa


Full Text:

PDF

References


Agustina, Nora. 2018. Perkembangan Peserta Didik. (Yogyakarta: Deepublish).

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 11). Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi, Abu dan Dra. Nur Uhbiyati, 2006. Ilmu Pendidikan Cetakan ke II, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Al-Ghazali, 1994. Mi’raj as-Salikhin, al-saqafat al-islamiyat, Kairo.

Anantasari. 2006. Menyikapi perilaku agresif anak. (Yogyakarta:Tim Pustaka familia Yogyakarta.

Anggito, Albi. Johan Setiawan. 2018 metodologi penelitian kualitatif (Sukabumi: CV. Jejak)

Dayakisni. T. 2006. Psikologi Sosial. (yogyakarta: UMM Press).

Dr. Hj. Khairiah, M. Pd. Kesempatan Mendapatkan Pendidikan Dalam Kajian Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Keluarga (Pustaka belajar: Yogyakarta, 2018).

Dzul Fahmi, Persepsi, (Anak Hebat Indonesia:Yogyakarta, 2021.

Firdauz, Mei Tuhfaz. 2013. “Faktor-faktor Penyebab Perilaku Agresif pada Siswa di SMP Kelurahan Gedung Asem Surabaya”. Jurnal BK UNESA

Golmen, Daniel, Kecerdasan Emosional Edisi Terjemahan Cetakan Ke 9 Gramediya, Jakarta, 1999.

Surya, Muhammad. 1988. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Penyuluhan (Konseling), (Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan)

Susanti. 2021. Persepsi dan Cara Pemberian Pendidikan Seksual pada Anak TK, (Jawa Barat: CV. Adanu Abimata).

Susantyo, Badrun. 2016. “Faktor-Faktor Determinan Penyebab Perilaku Agresif Remaja Di Permukiman Kumuh Dikota Bandung”Sosio Konsepsia.

Taufik, Ahmad. 2019. Analisis Karaktersistik Peserta Didik. Jakarta.

Yoedo. Sihambodo, Faktoryang Mempegaruhi Persepsi Khalayak Mahasiswa Pendatang UGM Terhadap Siaran Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV, Jurnal Al-Ahar Indonesia(2020).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.