PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN CAPAIAN KOMPETENSI KOGNITIF MELALUI MODEL GUIDED INQUIRY (Kimia Lintas Minat Program Keagamaan)

Sri Yani Widyaningsih

Abstract


ABSTRAK, Yani Widyaningsih ” Peningkatan Keterampilan Proses dan capaian kompetensi kognitif melalui Guided Inquiry” (Kimia lintas minat), dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Temanggung semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian Tindakan kelas dilaksanakan bulan Januari sampai dengan Februari tahun 2023, menggunakan dua siklus berkelanjutan dan masing-masing siklus terdiri tiga kali pertemuan. Subyek sebanyak 36 siswa, kelas X program keagamaan. Data keterampilan proses dikumpulkan dengan metode angket, observasi lapangan, data capaian kompetensi kognitif dikumpulkan dengan metode tes tertulis. Pengolahan data kuantitatif menggunakan exxel. Jenis keterampilan proses, dibatasi pada kemampuan: 1). mengobservasi, 2). mengklasifikasi, 3). memprediksi dan 4). mengkomunikasikan. Materi Penelitian ini adalah larutan elektrolit dan reaksi redoks, memberikan hasil yang signifikan dari siklus I ke siklus II, dalam hal: 1). keterampilan proses: nilai minimal 71,25 menjadi 74,00 nilai maksimal 78,25 menjadi 82,75 nilai rata-rata 74,06 menjadi 78,07 ketuntasan 33,33% menjadi 100%, 2). Capaian kompetensi kognitif : nilai minimal 52,00 menjadi 74,50 nilai maksimal  88,75 menjadi 84,00 nilai rata-rata 70,65 menjadi 77,97 ketuntasan 38,89% menjadi 100%. Melalui guided inquiry materi larutan dan redoks mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam hal: (1) keterampilan proses, (2). capaian kompetensi kognitif. Keterampilan proses sains ada di dalam sintak inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) menekankan pola penyelidikan secara ilmiah. Anak berpikir sepanjang jika berbuat, tanpa perbuatan anak itu tidak berpikir, sehingga meningkatkan kemampuan intelektual capaian kompetensi kognitifnya.


Full Text:

PDF

References


Abdul Rohim, “ Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Bidang Studi PAI”

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/357/1/ABDUL%20ROHIM-FITK.pdf, 1.

Agus Akhmadi, “Model pembelajaran Saintifik”, (Yogyakarta: araska, 2015), 205

Agusta Kurniati*1, Ursula Dwi Oktaviani2, Thomas Joni Verawanto Aristo3,” DIGITALISASI DONGENG NUSANTARA SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI TINGKAT SEKOLAH DASAR”, Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, JPDP 8 (2) (2022) 173-181 [http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/]

Desi Kurniawati, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Lks Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X Mia 4 Sma N 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015”, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 5 No. 1 Tahun 2016

Edunomika ± Vol. 02, No. 01 (Pebruari 2018) 36 PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN (diakses 25 Mei 2023),3.

Johari, Rachmawati “ESPS Kimia” (Jakarta: Erlangga, 2016), 149-181)

Gamal Thabrori, “Prestasi Belajar: Pengertian, Fungsi, Indikator & Faktor - serupa.id”, diakses 14 April 2023.

Hamzah B. Uno, Satria Koni: Assessment Pembelajaran (Bumi Aksara, Cet ke:3, 2013), 109.

Hanafiah. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Huda Miftahul, Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011), 32.

Salirawati Das, Smart Teaching (Jakarta: Perpustakaan Nasional, 2018), 169.

Sapriati Amalia, dkk, Pembelajaran IPA di SD ( Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2012), 1.37

Made Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Konteporer, (Jakarta Timur: PT Bumi Aksara, 2012), 14.

Muchtaridi, Kimia 1 SMA Kelas X, (Perpustakaan Nasional: Yudistira, 2016), 147.

Muchlisin Riadi Oktober 06, 2022 https://www.kajianpustaka.com/2022/10/model-pembelajaran-inkuiri-terbimbing.html , diakses 9 Mei 2023

Permendikbud RI, 20I8 No: 36 “PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 59 TAHUN 2014 TENTANG KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYA”

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 23 TAHUN 2016 TENTANG STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN

Sari Wahyuni Roi Nasution, “Penerapan Model Inquiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dalam Menigkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika”, Education dan Development, Vol 3, No 1 (Januari 2018), 4.

Sri Yani Widyaningsih, “Model CC Eks-Inap (Constructive Eksperimen Inovatif Aplikatif) Terhadap Prestasi Kognitif Konsep Redoks”, Edu Media: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Guru Nasional, Vol 03, No. 1 (Januari 2023), 5.

Sri Yani Widyaningsih,”Model Pembelajaran Inovatif Kunjungi Cermati Maknai Temukan (kucermate)”, Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, Vol IV, No 01 (April 2018), 60.

Siti Naisah, “Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry)” dalam https://drive.google.com/file/d/1piD3QwaHEeQIyUx7aj_6li_JfapXFa_-/view?usp=sharing diakses 15 April 2023.

Vlassi, M. & Karaliota, A. (2013). The Comparison between Guided Inquiry and Traditional Teaching Method.A Case Study for the Teaching of the Structure of Matter to 8th Grade Greek Students. Jurnal international in Greek University of Athens, 93 (2), 494–497.

Wardani, “Pemantapan Kemampuan Profesional”, (Pondok Cabe: Universitas Terbuka, 2022), 16

Yesi Gasil dkk, 2009.” Analisis Ketermpilan Siswa dalam Menyelesaikan Soal IPa di SMP Negeri Kota Pontianak, Jurnal Inovasi dan Pembelajran Fisika Vol 6 (i) i4-22, 20i9, diakses 16 Mei 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v2i1.2575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.