PELAYANAN AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMA NEGERI 1 SOSORGADONG

Nurliani Pasaribu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pelayanan akademik dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa di SMA Negeri 1 Sosorgadong. Fokus pembahasan dalam penelitian ini adalah implikasi pelayanan akademik tersebut pada hasil belajar siswa. Adapun jenis penelitian ini ialah kategori penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif analitis. Pemerolehan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Akhirnya, data dinyatakan absah/valid apabila telah melalui triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan akademik sebagai upaya meningkatkan hasil belajar PAI siswa di SMA Negeri 1 Sosorgadong belum terlaksana dengan baik. Hal ini disebabkan beberapa faktor penghambatnya, yaitu: fasilitas perpustakaan yang belum maksimal, biaya operasional masih minim, pengelola atau SDM masih rendah, rendahnya motivasi dari dalam diri siswa itu sendiri, dan kesenangan siswa masih dalam dunia permainan.

Kata Kunci: Hasil Belajar PAI, Pelayanan Akademik, Siswa.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A., et.al. (2012). Layanan Cinta: Perwujudan Layanan Prima Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto.

Al-Maraghi, A.M. (1992). Tafsir Al-Maraghi. Semarang: PT. Karya Toha Putra.

Almana, L., et.al. (2018). Tata Kelola Perguruan Tinggi Berbasis Akreditasi, Penjaminan Mutu dan Pengelolaan Pengetahuan di Pendidikan Tinggi. cet. I. Sleman: CV. Budi Utama.

Assingkily, M.S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Lengkap Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media.

Dubrin, A.J. (1990). Essential of Management. Ohio: South Wesiren.

Imron, A. (2013). Proses Manajemen Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mahmudin, M. (2006). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Bandung: Unpas.

Maisah, M. (2013). Manajemen Pendidikan. Ciputat: Referensi Gaung Persada Group.

Marno, M., & Suprayitno, T. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Refika Aditama.

Mesiono, M. (2022). “Model of Education Management Using Qualitative Research Methods at a Private School in Medan” Educational Administration: Theory and Practice, 28(2), 88-93. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16265.

Rahmah, E., et.al. (2019). Manajemen Perpustakaan. Depok: RajaGrafindo Persada.

Stoner, J.A.F. (2004). Manajemen. Jilid 1, Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.

Suharno, S. (2008). Manajemen Pendidikan. Surakarta: LPP UNS.

Suherman, S. (2013). Perpustakaan Sebagai Jantung Sekolah. Bandung: Literate Publishing.

Sukmadinata, N.S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Usman, A.H. (2015). Manajemen Strategi Syari’ah: Teori dan Konsep. Jakarta: Zikrul Hakim.

Yin, R.K. (2005). Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v1i2.2208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.