Memahami Teks Akademik: Struktur, Karakteristik, dan Peran Dalam Pengembangan Ilmu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman terhadap teks akademik, dengan fokus pada struktur, karakteristik, dan perannya dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif, yang memungkinkan peneliti untuk menganalisis berbagai sumber akademik, seperti buku, jurnal ilmiah, dan penelitian terdahulu yang relevan. Proses pengumpulan data dilakukan melalui membaca, mencatat, serta mengkaji literatur untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai teks akademik. Analisis data dilakukan dengan model tiga tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman yang baik terhadap teks akademik sangat penting bagi mahasiswa, baik dalam hal struktur maupun karakteristik yang dimiliki teks tersebut. Struktur teks akademik yang sistematis dan terorganisir memudahkan mahasiswa dalam menyusun argumen ilmiah secara logis dan berbasis bukti. Selain itu, karakteristik seperti penggunaan bahasa formal, kaidah kebahasaan yang benar, dan penghindaran opini pribadi tanpa dasar ilmiah, menjadi faktor kunci dalam keberhasilan penulisan teks akademik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tantangan utama yang dihadapi mahasiswa dalam menulis teks akademik adalah kurangnya pemahaman terhadap kaidah penulisan yang benar serta kesulitan dalam mengorganisir ide dan argumen secara terstruktur. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap teks akademik.
Full Text:
PDFReferences
Alfidorino, et.al. (2025). Integrasi Gaya Bahasa Ilmiah Dan Kreatif Dalam Teks Akademik Multidisiplin. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 7 (2).
Asianna Manik, et.al. (2024). Kajian Penulisan Teks Akademik Bagi Mahasiswa Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis. Bhinneka : Jurnal Bintang Pendidikan danBahasa, 2 (3).
Dwi Silfani, et.al. (2023). Peranan Artikel Ilmiah dalam Memperkaya Wawasan dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Mahasiswa. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra, 1 (4).
Ertika Pasaribu, et.al. (2024). Membangun Kompetensi Penulisan Teks Akademik “Panduan Praktis Untuk Mahasiswa”. JPBB: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3 (2).
Ferozi Ramdana Irsyad, et.al. (2023). Struktur Dan Pengaruh Teks Akademik Dan Non-Akademik Dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra, 1 (4).
Latupeirissa. (2020). Kemampuan menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan model pembelajaran group investigation. Jurnal Pedagogika Dan Dinamika, 4 (2).
Mara Untung Ritonga, et.al. (2024). Analisis Penulisan Teks Akademik pada Jurnal “Pemahaman Materi Pembelajaran dalam Sistem SKS di Sekolah MAN 1 Medan” Oleh Susanti, S. dkk. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3 (4).
Matthew & Michael Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Meleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Muhammad Anggie, et.al. (2024). Analisis Struktur dan Fungsi Teks Akademik dalam Konteks Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (3).
Munirah & Hardian. (2016). Pengaruh kemampuan kosakata dan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa SMA. J. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16 (1).
Rostina. (2021). Pengembangan paragraf dalam menulis sebuah tulisan. Jurnal Juripol, 4 (2).
Widi Syahtia Pane. (2023). Pelatihan Cara Mudah Menulis Paragraf Akademik Untuk Mahasiswa Baru Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal JPKPM, 3 (1).
Yanti Juniarti. (2019). Pentingnya Keterampilan Menulis Akademik Di Perguruan Tinggi. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2 (1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/about/submissions#copyrightNotice.
Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371