KONTRIBUSI MUHAMMADIYAH DAN NAHDLATUL ULAMA DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Rony Zulfirman, Rahmat Ramatul Andika, Muhammad Zalnur, Fauza Masyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) dalam kemajuan pendidikan Islam di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research), menggunakan data dari buku, artikel ilmiah, dan jurnal yang relevan. Proses analisis dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pemilihan informasi penting (reduksi data), pengelompokan tematik (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-analitis untuk mengeksplorasi kontribusi masing-masing organisasi, serta metode komparatif untuk membandingkan inovasi pendidikan Muhammadiyah dengan tradisi pesantren NU. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Muhammadiyah telah berhasil mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan ilmu pengetahuan modern, sehingga menciptakan institusi pendidikan formal yang relevan dan inklusif. Di sisi lain, NU memainkan peran penting dalam mempertahankan tradisi Islam melalui pesantren dan madrasah berbasis nilai-nilai lokal. Meskipun memiliki pendekatan berbeda, kedua organisasi memiliki kesamaan dalam memperkokoh nilai-nilai Islam di masyarakat serta membentuk karakter generasi muda. Penelitian ini juga mengungkap potensi sinergi antara Muhammadiyah dan NU untuk membangun sistem pendidikan Islam yang lebih relevan, inklusif, dan berkelanjutan dalam menjawab tantangan era modern. Kajian ini memberikan rekomendasi kebijakan yang memanfaatkan keunggulan masing-masing organisasi untuk meningkatkan kualitas dan pemerataan akses pendidikan Islam di Indonesia, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. F. A., Iskandar, M., & Rahman, M. H. (2024). Kontribusi Nahdlatul Ulama terhadap Eksistensi Pendidikan di Indonesia 1929-1973. NAHNU: Journal of Nahdlatul Ulama and Contemporary Islamic Studies, 2(1), Article 1.

Aisyah Khoirunni’mah Al Mufarriju. (2024). Sejarah dan Peran Muhammadiyah untuk Kemajuan Indonesia. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(4), 124–134.

Al-Mardliyah. (2023, Juni 6). Kontribusi Nahdlatul Ulama dalam Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Al Mardliyyah Bahrul Ulum.

Avten. (2022, Mei 12). Sejarah Pendidikan Muhammadiyah dari Masa ke Masa—tvMu—Cerdas Mencerahkan. TVMuhammadiyah.

Ihsani, A. F. A., Surabaya, U., Febriyanti, N., & Surabaya, U. (t.t.). Makna Nilai-Nilai Kultural Nahdlatul Ulama dalam Tinjauan Budaya Organisasi.

Ishak, I., & W, S. (2022). Eksistensi Pendidikan Islam Nahdlatul Ulama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 800–807.

Kompasiana.com. (2023, November 8). Peran Muhammadiyah dalam Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia. KOMPASIANA.

Maulana, J., & Ependi, R. (2024). PERANAN NAHDLATUL ULAMA DALAM PENGEMBANGAN ISLAM NUSANTARA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 9(1), Article 1.

Nafisah, N. (2022). Analisis Perbedaan Pemikiran Pendidikan Islam Muhammadiyah dengan Nahdlatul Ulama. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 3(02), Article 02.

NU dan Muhammadiyah Sepakat Majukan INOVASI Praktik Pembelajaran Baik. (t.t.). Diambil 12 Desember 2024,

NU Online. (t.t.). Peran Penting Pesantren dalam Mentransformasikan Ajaran Agama. NU Online. Diambil 12 Desember 2024,

risalah, gema. (t.t.). 6 Perbedaan Dan Persamaan Muhammadiyah dan NU. Diambil 12 Desember 2024,

Sejarah Singkat Muhammadiyah. (t.t.). Muhammadiyah. Diambil 12 Desember 2024,

Sejuk.ID. (2023, Januari 4). Perbedaan NU dan Muhammadiyah Dalam Pendidikan. Sejuk.ID.

Tentiasih, S. (2022). PERAN MUHAMMADIYAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. 3(2).

Thohari, S. (2024, Mei 4). Kontribusi Muhammadiyah dalam Memajukan Pendidikan Nasional.

Wulan Tri Hutami, Mashudi, A., Revikasyah, F. V., & Nurhayati, N. (2024). Muhammadiyah Dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Masterpiece: Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 2(1), 23–28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371