Paradigma Pembelajaran IPS dan Permasalahanya

Mhd Yanzhuri, Taufik Rivaldi, M. Fadly Irawan, Ayu Saskia Lingga, Sarah Azhari

Abstract


Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk pemahaman siswa tentang masyarakat, budaya, politik, ekonomi, dan lingkungan di sekitar mereka. Pemahaman siswa terhadap IPS tidak hanya dipengaruhi oleh materi pelajaran, tetapi juga oleh cara pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Paradigma pembelajaran yang digunakan dalam IPS memainkan peran penting dalam menentukan sejauh mana siswa dapat memahami dan menginternalisasi materi pembelajaran. Paradigma pembelajaran mencakup metode pengajaran, pendekatan kurikulum, dan strategi evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian yang penulis pakai didalam riset ini, bisa di tinjau dari sumber yaitu penelitian kepustakaan (Library Reseach). Hubungan antara paradigma pembelajaran dan permasalahannya dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah bahwa paradigma pembelajaran memegang peran kunci dalam membentuk kualitas pembelajaran IPS dan potensi munculnya permasalahan dalam proses pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Hilmi, M. (2017). Implementasi pendidikan IPS di sekolah dasar. JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164–172. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/198/189

Iyan, A., Ridwan, A., & Rustini, T. (2022). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(1), 908–917. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.706.

Karima, M. K., & Ramadhani. (2018). Permasalahan Pembelajaran Ips Dan Strategi Jitu Pemecahannya. Ittihad: Jurnal Pendidikan, 2(1), 43–53. Kelompok 3 Ips Pgmi 3. (n.d.).

Nababan, R., & Siregar, H. L. (2013). Hubungan Pergeseran Paradigma Pembangunan Dengan Pendidikan. Jurnal Kewarganegaraan, 21(2), 1–11.

Nasution, M. A. dan T. (1975). Paradigma Pembelajaran IPS. Jurnal, 4(2).

Rahmad, R. (2016). Kedudukan ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67-78.

Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal terhadap Ilmu Sastra. 1–23.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Umanailo, M. C. B. (2019). Paradigma Konstruktivis Preprints. Researchgate, October, 96–97. https://doi.org/10.31219/osf.io/9ja2t


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371