Evaluasi Implementasi Pendekatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dalam Proses Pembelajaran

Ahmad Khairul, Anggi Putri Azzara, Nabila Jaratun Nisa, Nadia Putri Amanda Nst, Nadiah Firza, Rizky Ananda Siregar, Sukma Putri Aulia

Abstract


Tulisan ini membahas mengenai implementasi pendekatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam proses pembelajaran. Dalam setiap pendekatan pembelajaran tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehubungan dengan hal ini pendidikan pada umumnya juga pasti akan berkembang baik itu dari metode pembelajaran, kurikulum, kualitas pendidik, dan tentunya program-program penunjang kualitas diri dari peserta didik sendiri dalam upaya menjadi warga negara yang baik sesuai seperti tujuan dari pembelajaran IPS sendiri. Pembelajaran IPS memiliki orientasi menjadikan peserta didik sebagai aktor sosial yang memiliki kecerdasan sosial. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka. Peneliti menganalisis dan membandingkan berbagai buku dan artikel yang memiliki relevansi dengan topik bahasan. Hasil analisis dan perbandingan kemudian direfleksikan dalam tulisan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa pendekatan dalam pembelajaran cocok dalam proses pembelajaran IPS yang dilakukan di sekolah. Misalnya saja jika menggunakan pendekatan pembelajaran Quantum Teaching yang dimana pendekatan ini menjadikan peserta didik sebagai subyek dalam pembelajaran. Sehingga dapat diharapkan proses belajar tersebut menjadi lebih menantang, komunikatif dan menyenangkan. Bayangkan jika setiap kegiatan pembelajaran dikelas memakai pendekatan pembelajaran tersebut, tentunya tidak ada kata bosan bagi peserta didik untuk belajar. Begitu juga dengan pendekatan pembelajaran IPS yang lain yang memiliki peran tersendiri dalam proses kegiatan belajar pada siswa.
Mengingat artikel ini sebatas pada kajian pustaka maka direkomendasikan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut dengan studi kuantitatif guna melihat seberapa besar pengaruh dari beberapa pendekatan yang ada dalam pembelajaran IPS.

 


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2017). Pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45-62.

Agung, Sutoyo. 2009. Pendidikan IPS di SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan

Hari Suderadjat. 2011. Manajemen Pembelajaran Tematik. Bandung: Sekar Gambir Asri.

Hartono, dkk. 2012. PAIKEM. Riau: Zanafa Publishing.

Masruri, 2011, Negative Learning, Solo: PT Era Adi Citra Intermedia.

Muhaimin. 2004. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurmelly, Nelly. 2006. Pendekatan, Model dan Strategi dalam Model Pembelajaran. Widyaiswara Muda BDK Palembang: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 3(1).

Pribadi, Benny. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Setiadi. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Surabaya: Sinar Baru Algensindo.

Setiawan, Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Suhendi, dkk. 2021. Pengantar Ilmu Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sukirno. (2015). Pembelajaran IPS dengan Pendekata Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1).

Suprayekti. 2004. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371