Tindak Tutur Ilokusi dalam Novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye

Reggia Margaretha Sihombing

Abstract


Artikel ini mengkaji tindak tutur ilokusi dalam novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin yang ditulis oleh Tere Liye. Tindak tutur adalah tindakan yang dilakukan seseorang dalam berbicara. Artinya, ketika berbicara, seseorang tersebut juga melakukan tindakan, misalnya meminta maaf, memberi selamat, menasihati, memerintah, menawarkan sesuatu, atau berjanji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam novel dengan pisau bedah teori Searle. Hal tersebut bertujuan agar para pembaca dapat memahami dan mengilustrasikan suasana yang dibangun dalam cerita melalui interaksi para tokoh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi ujaran yang mengandung tindak tutur ilokusi dalam novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin dan mengklasifikasikannya ke dalam gologan tindak ilokusi berdasarkan berdasarkan fungsinya menurut teori Searle.


Full Text:

PDF

References


Fitriah, F., & Fitriani, S. S. 2017. “Analisis Tindak Tutur dalam Novel Marwah di Ujung Bara Karya RH Fitriadi”. Master Bahasa, 5(1), 51-62.

Gamgulu, N. 2015. “Analisis Tindak Tutur dalam Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy”. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 3(2).

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2016. [Online] Tersedia di: http://kbbi.web.id/pusat, [Diakses 12 Maret 2021].

Liye, T. 2010. Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lubis, N. K., & Suyatno, S. 2019. “Tindak Tutur Ilokusi dalam Novel Sepasang Bola Mata karya Mayshiza Widya”. Jurnal Sasindo UNPAM, 7(1), 48-59.

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Putrayasa, I. B. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rachmawati, D. 2019. “Tindak Tutur Ilokusi dalam Acara Kuis ‘WIB’ Episode 9 Juli 2018 di Net TV”. Kajian Linguistik, 5(3).

Saputra, R. I. 2017. “Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Novel Tenggelamnya Kapal van Der Wijck Karya Buya Hamka dan Pemanfaatannya bagi Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMP”. Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 72-81.

Setyosari, P. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Widodo, Mulyanto & Sumarta, I Wayan Ardi. 2016. Prinsip Percakapan: Pengantar Pemahaman Santun Berbahasa. Yogyakarta: Textium.

Wiranty, W. 2016. “Tindak Tutur dalam Wacana Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata (Sebuah Tinjauan Pragmatik)”. Jurnal Pendidikan Bahasa, 4(2), 294-304.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING