Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated And Composition Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lolowa’u
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated And Composition terhadap kemampuan menulis teks drama siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lolowa’u. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi) dengan desain nonequivalent control group design, Prosedur pelaksanaan penelitian ini yaitu : (1) melaksanakan pre-test (tes awal), (2) melaksanakan perlakuan atau tindakan, dan (3) melaksanakan post-test (tes akhir). Variabel dalam penelitian ini ialah (1) model pembelajaran Cooperative Integrated And Composition sebagai variabel bebas (independen), dan (2) hasil belajar siswa pada materi menulis teks drama sebagai variabel terikat (dependen). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP yang terbagi dalam dua kelas yakni, kelas VIII A berjumlah 20 siswa dan kelas VIII B berjumlah 20 siswa total populasi ialah 40 orang, dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Berdasarkan seluruh pengujian yang dilakukan, dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated And Composition memiliki pengaruh pada hasil belajar siswa menulis teks drama, dapat diketahui pada hasil uji hipotesis yang memperoleh hasil thitung dengan hasil 5,093 > ttabel dengan hasil 2,021, maka Ho “ditolak” dan Ha “diterima”, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa “terdapat pengaruh pada model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP N 2 Lolowa’u”. Diharapkan pada peneliti selanjutnya menggunakan penelitian ini sebagai tambahan wawasan untuk melaksanakan penelitian.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Amara, D. L. (2023:67). Struktur Naskah Drama Roh Karya Wisran Hadi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah.
Anita, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Compositi (Circ)Dan Minat Baca Terhadapketerampilanmenulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas Xsma Negeri 1 Bangkinang. Geram.
Ariastini, Ni Luh Putu. “Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Tipe Vak (Visual Audiotory Kinesthetic) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Sesetan.”
Astuti, H L, Dan A Amir. 2023. “Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 12 No 2, Oktober 2023.”
Chayono, T. (2015). Tabel-Tabel Statistik. Purwokerto
Dr. Mohammad Siddik, M. (2016:3). Dasar-Dasar Menulis Dengan Penerapannya. Samarinda.
Dr.Sugiyono, P. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung.
Dr. Wirawan Fadly, M. (2022:11). Model-Model Pembelajaran untuk Implementasi KUrikulum Merdeka. Ponorogo
Ekasari, Dian. 2020. “Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Sindue Melalui Metode Mind Mapping.”
Ekawati, Hanifah. 2016. “Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dan Pembelajaran Konvensional Pada Kelas Vii Smp Negeri 10 Samarinda.” .
Hery Setiyawan S. Pd. M. Pd, N. E. (2024:205). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Memahami Bacaan Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu.
Islahuddin. (2022:173). Peningkatan Kemampuan Menelaah Unsur Dan Kaidah Kebahasaan Naskah Drama Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Viii Smpn 1 Selong. Jurnal Sastra.
Joko Widayanto S.pd, M. (2018). Evalusi Pembelajaran. Madiun.
Jariah, Ainun, Rina Gustina, Sintayana Muhardini, Dan Baiq Yuliatin Ihsani. 2023. “Efektifitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.”
Kusmayadi, I. (2021). Buku Ringkasan Materi Dan Latihan Brilian Bahasa Indonesia Smp/Mts Kelas Viii. Grafindo Media Pratama Anggota IKAPI.
Kamila, D. P. (2023). Kemampuan Menulis Naskah Drama Dengan Media Cerita Rakyat Siswa Kelas Xi Man 22 Jakarta.
Kosasih., E. (2017,Hlm. 213). Bahasa Indonesia -- Studi Dan Pengajaran Ii. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta.
Kurniawan, Muh Akbar, Muhammad Halim Yahman, Muhtar Asari, Dan Ahmad Nur Samsi. 2023. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Peserta Didik Pkbm An-Nahar Dengan Metode Latihan Terbimbing.”
M.Pd, S. H. (2022). Statistik Pendidikan Teori dan Praktik. Mataram.
M. Abrar Putra Kaya Harahap, Adil Rosyadi Hasibuan, Aviva Hanum Siregar, Sabina Khairunnisa, Dan Nur Hasanah Ramadhani. 2023. “Efektivitas Metode Dikte Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa.” Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan
Mahmur, Mahmur, Hasbullah Hasbullah, Dan Masrin Masrin. 2021. “Pengaruh Minat Baca Dan Penguasaan Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Narasi.” Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Marista Dwi Rahmayantis, M. D. (2022:2). Menulis Kreatif Naskah Drama. Kediri.
Nuraini Nuraini Dan Muhammad Surip. 2024. “Pengaruh Model Cooperative Integrated And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas Viii Smp Swasta Islamiyah Hessa Air Genting Tahun Ajaran 2023/2024.” Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial
Niliawati, Liani, Ruswandi Hermawan, Dan Arie Rakhmat Riyadi. 2018. “Penerapan Metode Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv.”
Prof. Dr. Ida Ayu Gde Yadnyawati, M. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Unhi Press.
Pahrun, R. (2021). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Pada Siswa Kelas Iv Sdn 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Dikmas.
Prof. Dr. H.M. Sidik Priadana, M. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang.
Reni Ulfiana Wulandari1, M. A. (2023,:103). Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 5 Pati Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya.
Rahmi, Yulia, Dan Ilham Marnola. 2020. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Compotion (Circ).” Jurnal Basicedu .
Slamet Widodo, S. M. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian.
Soleh, D. R. (2021:3). Drama: Teori Dan Pementasan . Unipma Press Universitas Pgri Madiun.
Syafitri, Cici Ratika. 2020. “Model Cooperative Integrated Reading And Composition Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Di Sekolah Dasar.”
Tabelessy, Novita. 2019. “Kreativitas Menulis Karangan Persuasi Siswa Smp.” Jurnal Tahuri
Utami, Rr Sri Hidayati, Dan Nurrohmatul Amaliah. 2024. “Korelasi Antara Minat Baca Dan Penguasaan Kosa Kata Dengan Kemampuan Menulis Pantun.”
Wulansari, A. D. (2016). Aplikasi Statistika Parametrik .
Yesa Lesmana, S. M. (2022,Hlm. 107). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integratedreadingandcomposition(Circ) Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Koto Xi Tarusan. Jurnal Bahasa Dan Pengajaran.
Yindri Yahya, D. Y. (2018 : 351). Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII Smp Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v5i2.4716
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.