Implementasi Ekstrakurikuler Jurnalistik Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Dan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Darussalam Internasional Boarding School Samarinda

Rini Eka Lestari, Maulida Ulfa Hidayah, Muhammad Iwan Abdi

Abstract


Budaya literasi yang rendah mendorong lembaga pendidikan untuk bergerak dalam meningkatkannya melalui kegiatan menulis. Hal ini merespon Madrasah Darussalam International Boarding School Samarinda untuk menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler jurnalistik dalam meningkatkan keterampilan menulis dan berpikir kritis siswa, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambatnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Pembina, dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik menjadi sumber data primer, sedangkan penelitian sebelumnya digunakan sebagai data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler jurnalistik dilakukan dalam tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Peningkatan keterampilan menulis yang dirasakan siswa selama mengikuti kegiatan jurnalistik meliputi penggunaan Ejaan yang Disempurnakan (EYD), kesesuaian isi dan topik, penyusunan kerangka tulisan, penggunaan kosakata yang tepat, serta memiliki ide dan informasi yang jelas. Sementara itu, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa terlihat dari kemampuan mengambil informasi yang dapat dipercaya, mempertimbangkan berbagai sudut pandang, mampu memecahkan masalah, dan melakukan evaluasi diri. Penelitian ini bisa menjadi topik yang lebih luas untuk para peneliti selanjutnya.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdillah, N. (2021). Hukum dan Etika Berinteraksi Melalui Media Sosial Menurut Islam. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.37812/fatawa.v1i2.275

Araniri, N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Keberagamaan Yang Toleran. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1, March), 54–65.

Cahyadi, D. A. (2018). Kemampuan literasi informasi peneliti dalam penulisan karya ilmiah di Loka Litbangkes Pangandaran. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6(2). https://doi.org/10.24198/jkip.v6i2.17774

Darwis, A., Malik, A. R., Burhan, B., & Marto, H. (2020). Studi Kasus Teman Sebaya Dalam Pembentukan Gaya Hidup Siswa. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 3(2), 150–160.

Dharmajaya, M. A., & Setiawan, A. (2024). Kualitas Jurnalis Menjadi Tuntutan Publik dalam Memproduksi Karya Jurnalistik Ditengah Gempuran Platfom New Media (Media Sosial). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1377–1382.

Efendi, A. B., Firdaus, A. A., Moh. Farizal, R., & Hidayatullah, F. (2023). Sekolah Jurnalistik: Upaya Meningkatkan Minat Menulis Santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. Journal Creativity, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.62288/creativity.v1i2.12

Faizah, M., Qoirot, S. B., & Nasirudin, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri TPQ Al Mustaqim dengan Bimbingan Fashohatul Lisan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38–41.

Fauziya, D. S. (2018). Pembelajaran Kooperatif Melalui Teknik Duti-Duta Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2).

Handayani, F. (2020). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Literasi Digital Berbasis STEM pada Masa Pandemik Covid 19. Cendekiawan, 2(2), 69–72. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184

Hanim, N., Aripin, N., & Lin, N. M. (2020). Exploring the connection between critical thinking skills and academic writing. International Journal of Asian Social Science, 10(2), 118–128. https://doi.org/DOI: 10.18488/journal.1.2020.102.118.128

Hayati, L., Loka, I. N., & Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Pembelajaran Terpadu Kemampuan Berpikir Kritis. Chemistry Education Practice, 2(2), 29–35. https://doi.org/10.29303/cep.v2i2.1364

Heriyudananta, M. (2021). Analisis Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.53754/iscs.v1i1.5

Hidayah, M. U., Saleh, K., & Halijah, S. N. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda. Borneo Journal of Islamic Education, 2(2), 147–154.

Inayah, C., Ahsani, E. L. F., Mastura, E., Niâ€TMmah, L. S., & Amalia, V. (2021). Pengaruh Sarana Prasarana dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa SD di Sekolah Indonesia Den Haag. Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.69896/modeling.v8i1.686

Kamlasi, I., Sahan, A., Emanuel, U., & Wisrance, M. W. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Jurnalistik kepada Siswa Kelas XI SMA FQI Kefamenanu. ABDIMAS Lectura: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39–59.

Maesaroh, E. J. (2024). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GSL) Terhadap Minat Membaca Peserta Didik Di Mi Balangandang Merbau Mataram [Diploma, UIN Raden Intan Lampung]. https://repository.radenintan.ac.id/35420/

Magdalena, I., & Kumarani, N. C. (2023). Pengembangan Model Evaluasi Sumatif Mata Pelajaran PAI di Sekolah Dasar. ANWARUL, 3(2), 300–311. https://doi.org/Doi.10.58578/anwarul.v3i2.981

Marzuki, G. A., & Setyawan, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 53–62.

Ni Putu Ana Yuspidayanti. (2019). Kegiatan Menulis Pada Ekstrakurikuler Jurnalistik Di Sma Negeri 1 Mengwi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2), 84–95. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20622

Nurhayati, E., & Soleh, D. R. (2022). Pembelajaran Menulis Cerpen Dengan Metode Discovery Learning Dan Media Lagu Pada Siswa SMPN 3 Madiun. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 3(2), 74–80.

Nurjaman, A. R. (2020). Pendidikan Agama Islam (Cetakan Pertama). PT. Bumi Aksara.

Rafidawati, M., Jannah, D. D. U., Sholeha, J., Satrio, Y. P., & Zahro, I. A. (2022). Tingkat Kegunaan Republika Online Di Kanal Hikmah Dalam Meningkatkan Pemahaman Islam Mahasiswa. International Journal of Islamic Communication, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.47902/ijic.v1i1.198

Rohmah, F. N., & Chotimah, C. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Madrasah Aliyah Darussalam Tanjunganom Nganjuk. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 150–164. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i1.4182

Rukman, N. K., & Zulfikar, R. N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Berbasis Literasi Numerasi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (Jp2ms), 7(1), 106–117.

Salam, H. B., Ririn, N., & Indraswari, I. (2023). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan yang disempurnakan Edisi V pada Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Stikes Nani Hasanuddin Makassar. Journal on Education, 5(3), Article 3.

Salwa, N. (2023). Mengembangkan Bakat Menulis Siswa SMK: Strategi Inovatif Untuk Menjadi Penulis Cerpen Yang Handal. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(1), 229–244. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.94

Solikhin, M., Seno, A. A., & Utami, B. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik sebagai Evaluasi Pembelajaran IPA di SMP Bina Insan Mandiri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1).

Sunariati, R., Ismawati, E., & Riyadi, I. (2019). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Struktur Kalimat Dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i2.1564

Suryadi, E., Milawasri, F. A., & Lustina, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa. Jurnal Bindo Sastra, 6(1), 15–26. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v6i1.3503

Syahrani, J., Putri, A. S., Khairunnisa, K., Pulungan, A. S., Abdillah, R. F., & Damayanti, N. D. (2023). Implikasi Teori Belajar Behavioristik Edwin Ray Guthrie Dalam Menangani Malas Belajar Siswa. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i1.3193

Triana, N. M., Nasution, I., & Nasution, T. S. F. (2022). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMA Abdi Utama Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 214–219.

Ulfha, N., Kusuma, Y. Y., Sumianto, S., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i1.288

Visakha, J. A. (2019). Pengaruh Penguasaan Kosakata Dan Tata Bahasa Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris. Journal of English Language Teaching, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/inference.v2i1.5420

Zahro, S., & Jannah, T. (2023). Motivasi Belajar dalam Pandangan Abraham Maslow. Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Bimbingan Dan Konseling, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.56013/edu.v11i1.2266




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v5i1.4499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING