Implementasi Ekstrakurikuler Jurnalistik Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Dan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Darussalam Internasional Boarding School Samarinda
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdillah, N. (2021). Hukum dan Etika Berinteraksi Melalui Media Sosial Menurut Islam. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.37812/fatawa.v1i2.275
Araniri, N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Keberagamaan Yang Toleran. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1, March), 54–65.
Cahyadi, D. A. (2018). Kemampuan literasi informasi peneliti dalam penulisan karya ilmiah di Loka Litbangkes Pangandaran. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6(2). https://doi.org/10.24198/jkip.v6i2.17774
Darwis, A., Malik, A. R., Burhan, B., & Marto, H. (2020). Studi Kasus Teman Sebaya Dalam Pembentukan Gaya Hidup Siswa. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 3(2), 150–160.
Dharmajaya, M. A., & Setiawan, A. (2024). Kualitas Jurnalis Menjadi Tuntutan Publik dalam Memproduksi Karya Jurnalistik Ditengah Gempuran Platfom New Media (Media Sosial). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1377–1382.
Efendi, A. B., Firdaus, A. A., Moh. Farizal, R., & Hidayatullah, F. (2023). Sekolah Jurnalistik: Upaya Meningkatkan Minat Menulis Santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. Journal Creativity, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.62288/creativity.v1i2.12
Faizah, M., Qoirot, S. B., & Nasirudin, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri TPQ Al Mustaqim dengan Bimbingan Fashohatul Lisan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38–41.
Fauziya, D. S. (2018). Pembelajaran Kooperatif Melalui Teknik Duti-Duta Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2).
Handayani, F. (2020). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Literasi Digital Berbasis STEM pada Masa Pandemik Covid 19. Cendekiawan, 2(2), 69–72. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184
Hanim, N., Aripin, N., & Lin, N. M. (2020). Exploring the connection between critical thinking skills and academic writing. International Journal of Asian Social Science, 10(2), 118–128. https://doi.org/DOI: 10.18488/journal.1.2020.102.118.128
Hayati, L., Loka, I. N., & Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Pembelajaran Terpadu Kemampuan Berpikir Kritis. Chemistry Education Practice, 2(2), 29–35. https://doi.org/10.29303/cep.v2i2.1364
Heriyudananta, M. (2021). Analisis Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.53754/iscs.v1i1.5
Hidayah, M. U., Saleh, K., & Halijah, S. N. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda. Borneo Journal of Islamic Education, 2(2), 147–154.
Inayah, C., Ahsani, E. L. F., Mastura, E., Niâ€TMmah, L. S., & Amalia, V. (2021). Pengaruh Sarana Prasarana dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa SD di Sekolah Indonesia Den Haag. Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.69896/modeling.v8i1.686
Kamlasi, I., Sahan, A., Emanuel, U., & Wisrance, M. W. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Jurnalistik kepada Siswa Kelas XI SMA FQI Kefamenanu. ABDIMAS Lectura: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39–59.
Maesaroh, E. J. (2024). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GSL) Terhadap Minat Membaca Peserta Didik Di Mi Balangandang Merbau Mataram [Diploma, UIN Raden Intan Lampung]. https://repository.radenintan.ac.id/35420/
Magdalena, I., & Kumarani, N. C. (2023). Pengembangan Model Evaluasi Sumatif Mata Pelajaran PAI di Sekolah Dasar. ANWARUL, 3(2), 300–311. https://doi.org/Doi.10.58578/anwarul.v3i2.981
Marzuki, G. A., & Setyawan, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 53–62.
Ni Putu Ana Yuspidayanti. (2019). Kegiatan Menulis Pada Ekstrakurikuler Jurnalistik Di Sma Negeri 1 Mengwi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2), 84–95. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20622
Nurhayati, E., & Soleh, D. R. (2022). Pembelajaran Menulis Cerpen Dengan Metode Discovery Learning Dan Media Lagu Pada Siswa SMPN 3 Madiun. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 3(2), 74–80.
Nurjaman, A. R. (2020). Pendidikan Agama Islam (Cetakan Pertama). PT. Bumi Aksara.
Rafidawati, M., Jannah, D. D. U., Sholeha, J., Satrio, Y. P., & Zahro, I. A. (2022). Tingkat Kegunaan Republika Online Di Kanal Hikmah Dalam Meningkatkan Pemahaman Islam Mahasiswa. International Journal of Islamic Communication, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.47902/ijic.v1i1.198
Rohmah, F. N., & Chotimah, C. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Madrasah Aliyah Darussalam Tanjunganom Nganjuk. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 150–164. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i1.4182
Rukman, N. K., & Zulfikar, R. N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Berbasis Literasi Numerasi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (Jp2ms), 7(1), 106–117.
Salam, H. B., Ririn, N., & Indraswari, I. (2023). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan yang disempurnakan Edisi V pada Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Stikes Nani Hasanuddin Makassar. Journal on Education, 5(3), Article 3.
Salwa, N. (2023). Mengembangkan Bakat Menulis Siswa SMK: Strategi Inovatif Untuk Menjadi Penulis Cerpen Yang Handal. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(1), 229–244. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.94
Solikhin, M., Seno, A. A., & Utami, B. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik sebagai Evaluasi Pembelajaran IPA di SMP Bina Insan Mandiri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1).
Sunariati, R., Ismawati, E., & Riyadi, I. (2019). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Struktur Kalimat Dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i2.1564
Suryadi, E., Milawasri, F. A., & Lustina, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa. Jurnal Bindo Sastra, 6(1), 15–26. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v6i1.3503
Syahrani, J., Putri, A. S., Khairunnisa, K., Pulungan, A. S., Abdillah, R. F., & Damayanti, N. D. (2023). Implikasi Teori Belajar Behavioristik Edwin Ray Guthrie Dalam Menangani Malas Belajar Siswa. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i1.3193
Triana, N. M., Nasution, I., & Nasution, T. S. F. (2022). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMA Abdi Utama Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 214–219.
Ulfha, N., Kusuma, Y. Y., Sumianto, S., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i1.288
Visakha, J. A. (2019). Pengaruh Penguasaan Kosakata Dan Tata Bahasa Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris. Journal of English Language Teaching, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/inference.v2i1.5420
Zahro, S., & Jannah, T. (2023). Motivasi Belajar dalam Pandangan Abraham Maslow. Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Bimbingan Dan Konseling, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.56013/edu.v11i1.2266
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v5i1.4499
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.