Penerapan Metode K-W-L Untuk Meningkatkan Literasi Membaca di MAN Sumenep

Mochammad Ronaldy Aji Saputra

Abstract


Rendahnya tingkat literasi membaca peserta didik di MAN Sumenep dalam kegiatan pembelajaran antara lain peserta didik ketika mengerjakan kegiatan penugasan memiliki jawaban yang sama dan tidak bervariasi, dan jawaban yang diberikan peserta didik hanya berorientasi pada satu sumber dan tidak menggunakan referensi lain menjadikan peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan tingkat literasi membaca peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode K-W-L. Penelitian ini terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan tindakan, penerapan tindakan, pengamatan, dan refleksi dengan dua siklus. Siklus pertama sebagai implementasi tindakan dan kedua sebagai perbaikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siklus 1 menghasilkan 64,7%. Kemudian siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 14,45% sehingga menghasilkan rata-rata 79,15%. Metode ini lebih efektif untuk meningkatkan literasi membaca dengan cara menambahkan kegiatan diskusi, memetakan materi berdasarkan minat peserta didik, dan memfasilitasi peserta didik dengan referensi yang relevan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anisa, A.R., Ipungkarti, A.A & Saffanah, K.N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia, Current Research in Education: Conference Series Journal. 1(1): 1-12.

Arteit, C., Schneider, W & Schlfele, U. (2001). Predictors of Reading Literacy, European Journal of Psychology of Education. 16 (3): 363-383.

Banat, S.M & Pierewan, A.C. (2019). Reading Literacy and Metacognitive Strategy for Predicting Academic Achievement. LITERA. 18 (3): 485-497.

Budianti, Y & Damayanti, N. (2017). Pengaruh Metode KWL (Know Want to Learn) terhadap Keterampilan dan Minat Membaca Peserta didik, Indonesian Journal of Primary Education. 1 (2): 13-18.

Damayanti, A.R. (2015). Literasi dari Era ke Era, Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3 (1): 1-10.

Delgadova, E. (2015). Reading Literacy as One of Most Significant Academic Competencies for the University Students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1(78)L 48-53.

Garvey, B & Krug, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Ombak.

Harini, I.N. (2018). Tingkat Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah Kota Bantul. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1): 29-45.

Hilmi, A., Asrori, I & Ridwan, N.A. (2019). The Implementation of K-W-L (Know-Want To Know-Learned) Strategy to Improve Student's to Improve Student's Arabic Text Reading Ability of Grade XI of MA Bahrul Ulum, Alsinatuna: Journal of Arabic Linguistic and Education. 5 (1): 30-46.

Kemmis, S., McTaggart, R & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer.

Kurniawati, K & Rahman, A. (2021). Application of Historical Literacy in Historical learning in the Time of Covid-19. Linguistic and Culture Review Journal. 5(3): 1299-1306

Kurniawati, Winarsih, M & Rahman, A. (2022). Teachers' Ability in Applying Historical Literacy in History Learning in Senior High School. Paramita: Historical Studies Journal, 32 (1): 127-137.

Murtini, M.N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Strategi (Know, Want To Learn, and Learned) Siswa Kelas XI Akutansi A SMK Negeri 1 Singaraja, Daiwi Widya Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (3): 1-10.

Rahman, Ayuningtias, Kurniawati & Winarsih, M. (2021). Penerapan Literasi Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh di SMA Negeri 30 Jakarta. Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH. 10 (1): 57-76.

Sani, R.A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sari, P.A.P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis dan Minat Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3 (1): 141-152.

Satgas Covid-19. (2021). Peta Sebaran Covid-19, (Online), (https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19), diakses pada tanggal 13 November 2021.

Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I & Novirina. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Subakti, H., Oktaviani, S & Anggraini, K. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta didik Sekolah Dasar, Jurnal BASICEDU. 5 (4): 2489-2495.

Sumarti, E., Jazeri, M., Manggiasih, N.P & Mashitoh, D. (2020). Penanaman Dinamika Literasi Pada Era 4.0, Jurnal LITERASI. 4 (1): 58-66.

Usman, B., Fata, I.A & Pratiwi, R. (2018). Teaching Reading Through Know-Want-Learned (KWL) Strategy: The effects and benefits, Englisia Journal. 6(1): 35-42.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v3i1.2613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING