Penerapan Metode K-W-L Untuk Meningkatkan Literasi Membaca di MAN Sumenep
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anisa, A.R., Ipungkarti, A.A & Saffanah, K.N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia, Current Research in Education: Conference Series Journal. 1(1): 1-12.
Arteit, C., Schneider, W & Schlfele, U. (2001). Predictors of Reading Literacy, European Journal of Psychology of Education. 16 (3): 363-383.
Banat, S.M & Pierewan, A.C. (2019). Reading Literacy and Metacognitive Strategy for Predicting Academic Achievement. LITERA. 18 (3): 485-497.
Budianti, Y & Damayanti, N. (2017). Pengaruh Metode KWL (Know Want to Learn) terhadap Keterampilan dan Minat Membaca Peserta didik, Indonesian Journal of Primary Education. 1 (2): 13-18.
Damayanti, A.R. (2015). Literasi dari Era ke Era, Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3 (1): 1-10.
Delgadova, E. (2015). Reading Literacy as One of Most Significant Academic Competencies for the University Students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1(78)L 48-53.
Garvey, B & Krug, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Ombak.
Harini, I.N. (2018). Tingkat Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah Kota Bantul. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1): 29-45.
Hilmi, A., Asrori, I & Ridwan, N.A. (2019). The Implementation of K-W-L (Know-Want To Know-Learned) Strategy to Improve Student's to Improve Student's Arabic Text Reading Ability of Grade XI of MA Bahrul Ulum, Alsinatuna: Journal of Arabic Linguistic and Education. 5 (1): 30-46.
Kemmis, S., McTaggart, R & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer.
Kurniawati, K & Rahman, A. (2021). Application of Historical Literacy in Historical learning in the Time of Covid-19. Linguistic and Culture Review Journal. 5(3): 1299-1306
Kurniawati, Winarsih, M & Rahman, A. (2022). Teachers' Ability in Applying Historical Literacy in History Learning in Senior High School. Paramita: Historical Studies Journal, 32 (1): 127-137.
Murtini, M.N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Strategi (Know, Want To Learn, and Learned) Siswa Kelas XI Akutansi A SMK Negeri 1 Singaraja, Daiwi Widya Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (3): 1-10.
Rahman, Ayuningtias, Kurniawati & Winarsih, M. (2021). Penerapan Literasi Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh di SMA Negeri 30 Jakarta. Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH. 10 (1): 57-76.
Sani, R.A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sari, P.A.P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis dan Minat Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3 (1): 141-152.
Satgas Covid-19. (2021). Peta Sebaran Covid-19, (Online), (https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19), diakses pada tanggal 13 November 2021.
Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I & Novirina. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Subakti, H., Oktaviani, S & Anggraini, K. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta didik Sekolah Dasar, Jurnal BASICEDU. 5 (4): 2489-2495.
Sumarti, E., Jazeri, M., Manggiasih, N.P & Mashitoh, D. (2020). Penanaman Dinamika Literasi Pada Era 4.0, Jurnal LITERASI. 4 (1): 58-66.
Usman, B., Fata, I.A & Pratiwi, R. (2018). Teaching Reading Through Know-Want-Learned (KWL) Strategy: The effects and benefits, Englisia Journal. 6(1): 35-42.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v3i1.2613
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.