Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Danarkusumo, Didi. 2015. “Minat Baca Masyarakat Indonesia.” 27 Maret.
Jauharotialfin. 2018. “MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DALAMPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGHADAPI ERAREVOLUSI INDUSTRI 4.0.” PENTAS:Jurnalilmiahpendidikanbahasadansastraindonesia 4(2).
Jawa Pos. 2018. “Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Buat Lima Kompetensi.” Jawa Pos.
Kemendikbud. 2016. “Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Atas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.”
Khairuddin, Zurina. 2013. “A Study Of Students’ Reading Interests In A Second Language.” International Education Studies 06(11).
Kharizmi, Muhammad. 2015. “Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi.” JUPENDAS 2(2):11–21.
Maharani, Esthi. 2015. “Orang Indonesia Lebih Suka Mendengar Dan Ngobrol Daripada Membaca.” Republika.Co.Id. Diambil 30 Januari 2022 (Https://Www.Republika.Co.Id/Berita/Pendidikan/Eduaction/15/12/02/Nyqn2d335-Orang-Indonesia-Lebih-Suka-Mendengar-Dan-Ngobrol-Daripada-Membaca).
Makdori. 2019. “Tips Nadiem Makarim Untuk Tingkatkan Budaya Literas.” Liputan 6.
Malawi, Iet. Al. 2018. Pembaharuan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jawa Timur: Ae Media Grafika.
Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. 2010. “Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Paedagogia 13(02):115–28.
Oktariani, Evriani. 2020. “Peran Literasi Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis.” Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan 1(1):23–33.
Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. 2018. Literasi Di Sekolah Dari Teori Ke Praktik. Bali: Nilacakra.
Pradana, B. H., Fatimah, N., & Rochana, T. 2017. “Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa Di Sma Negeri 4 Magelang.” SOLIDARITY 06(02):167–79.
Republika. 2018. “‘Minat Baca Di Indonesia Disebut Masih Rendah’.” 20 Februari.
Rohman, S. 2017. “Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 4(1):151–74.
Rosdiana, Lilis Amaliah, Dadang Sunendar, Dan Vismaia S. Damaianti. 2021. “Tingkat Literasi Membaca Anak Selama Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19.” Alinea: Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajaran 10(2):161–68. Doi: 10.35194/Alinea.V10i2.1420.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif Dan Rnd. Bandung: Alfabeta.
Zuriana, Armia Dan. 2017. “‘Pentingnya Literasi Untuk Pendidikan Anak Usia Dini’.” Langgam Bahasa 11(2):161–67.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.