Pengembangan Model Sentuh Kejut Hasil (SKH) dalam Pembelajaran Keterampilan Puisi
Abstract
Melakukan pembelajaran yang berdampak pada siswa merupakan tugas utama seorang pendidik. Seorang pendidik harus mengetahui sejauh mana siswa memahami atau tidak pembelajaran yang diberikan. Sejauh mana siswa menyukai atau tidak materi yang disajikan, dll. Oleh karena itu, pendidik harus selalu mencari dan menggali potensi yang dimiliki peserta didik untuk dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Begitulah yang dilakukan dalam model SKH (Sentuh Kejut Hasil). Model ini merupakan pengembangan dari teori stimulus-respon yang dikembangkan untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi. Model ini juga mencoba melibatkan emosi siswa sehingga emosi tersebut bermanfaat untuk membangun imajinasi dan menuangkannya dalam tulisan puisi. Model ini berhasil dilakukan pada siswa kelas X SMAN 3 Medan yang menggunakan kompetensi dasar yang terdapat pada KTSP 2013. Model ini diharapkan dapat menjadi salah satu inspirasi dalam membelajarkan keterampilan berbahasa Indonesia pada semua tingkatan.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik
Jakarta: Rineka Cipta.
Degeng, I.N.S. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Pusat Antar
Universitas Depdikbud RI, Dirjen Dikti. p.78, 167, 174.
Dimyati dan Mujiyono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
El-Kabumaini, Nasin.2014. Menulis Naskah Buku untuk Menjadi Sang Juara.
Bandung: CV Gaza Publishing
Esten, Mursal. 1978. Inilah Hakikat Puisi (Pengantar Teori dan Sejarah). Bandung: Angkasa
Gagne, R. M.,at. Al (2005). Pinciples of Instructional Design. Fifth Edition. New Jersey,
USA: Thomson Wadsworth.
Gall, M. D. Gall, at al. (2007). Educational Research an Introduction. Eighth Edition.
Boston: Pearson.p.589
Keller, John M. 2010. Motivational Design for Learning and Performance The ARCS
Model Approach. New York: Springer. h. 24
WJS Poerwadarminta. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka
Jaya.
Ruhiat. 2014. Model Pembelajaran Efektif bagi Guru Kreatif. Bandung:
Gaza publishing
Sudjana,Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Santana.K, Setiawan. 2007. Menulis itu Ibarat Ngomong. Jakarta: PT kawan
Pustaka
Tarigan, Henry Guntur. 1984. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Metodologi Pengajaran Sastra. Bandung: Angkasa
Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press. h. 71
Zainuddin. 1984. Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.