Pengembangan Model Sentuh Kejut Hasil (SKH) dalam Pembelajaran Keterampilan Puisi

Reny Agustina

Abstract


Melakukan pembelajaran yang berdampak pada siswa merupakan tugas utama seorang pendidik. Seorang pendidik harus mengetahui sejauh mana siswa memahami atau tidak pembelajaran yang diberikan. Sejauh mana siswa menyukai atau tidak materi yang disajikan, dll. Oleh karena itu, pendidik harus selalu mencari dan menggali potensi yang dimiliki peserta didik untuk dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Begitulah yang dilakukan dalam model SKH (Sentuh Kejut Hasil). Model ini merupakan pengembangan dari teori stimulus-respon yang dikembangkan untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi. Model ini juga mencoba melibatkan emosi siswa sehingga emosi tersebut bermanfaat untuk membangun imajinasi dan menuangkannya dalam tulisan puisi. Model ini berhasil dilakukan pada siswa kelas X SMAN 3 Medan yang menggunakan kompetensi dasar yang terdapat pada KTSP 2013. Model ini diharapkan dapat menjadi salah satu inspirasi dalam membelajarkan keterampilan berbahasa Indonesia pada semua tingkatan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik

Jakarta: Rineka Cipta.

Degeng, I.N.S. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Pusat Antar

Universitas Depdikbud RI, Dirjen Dikti. p.78, 167, 174.

Dimyati dan Mujiyono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

El-Kabumaini, Nasin.2014. Menulis Naskah Buku untuk Menjadi Sang Juara.

Bandung: CV Gaza Publishing

Esten, Mursal. 1978. Inilah Hakikat Puisi (Pengantar Teori dan Sejarah). Bandung: Angkasa

Gagne, R. M.,at. Al (2005). Pinciples of Instructional Design. Fifth Edition. New Jersey,

USA: Thomson Wadsworth.

Gall, M. D. Gall, at al. (2007). Educational Research an Introduction. Eighth Edition.

Boston: Pearson.p.589

Keller, John M. 2010. Motivational Design for Learning and Performance The ARCS

Model Approach. New York: Springer. h. 24

WJS Poerwadarminta. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka

Jaya.

Ruhiat. 2014. Model Pembelajaran Efektif bagi Guru Kreatif. Bandung:

Gaza publishing

Sudjana,Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Santana.K, Setiawan. 2007. Menulis itu Ibarat Ngomong. Jakarta: PT kawan

Pustaka

Tarigan, Henry Guntur. 1984. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Metodologi Pengajaran Sastra. Bandung: Angkasa

Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press. h. 71

Zainuddin. 1984. Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING