Hubungan Motivasi Belajar terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia Mahasiswa PGSD Universitas Quality

Gemala Widiarti

Abstract


Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia, telah menganggu aktivitas manusia di berbagai sektor kehidupan. Seluruh mahasiswa dan dosen diharuskan belajar dan bekerja dari rumah. Pembelajaran dialihkan dari luring menjadi daring. Tentunya, motivasi dan semangat sangat dibutuhkan oleh mahasiswa pada saat keadaan seperti ini supaya kemauan dan hasil belajar tetap stabil. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sifat penelitiannya bersifat korelasi atau hubungan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD semester IV dengan jumlah 89 siswa. Anggota sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar pada pembelajaran daring mahasiswa PGSD Universitas Quality. Hal tersebut ditunjukkan dengan harga rhitung =    0,712 yang kemudian dibandingkan dengan rtabel product moment dengan derajat kebebasan (dk) = N – 1 =27 – 1 =26, dengan taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel sebesar 0,388. Dengan demikian, rhitung > rtabel atau 0,712 > 0,388. Besarnya motivasi belajar yang mempengaruhi hasil belajar pada pembelajaran pembelajaran daring mahasiswa PGSD Universitas Quality adalah 50,72%. Sedangkan 49,28% hasil belajar dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci : Motivasi, belajar Daring

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Donni Juni Priansa (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). “Differences Between M-Learning (Mobile Learning) and Elearning, Basic Terminology and Usage of M-Learning in

Education.Procedia-Social and Behavioral Scince. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029.

Kuntarto, E. & Asyhar, R. (2017). “Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Aspek Learning Design dengan Platform Media Sosial Online”.

Milman, N. B. (2015). Distance Education. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086- 8.92001-4

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. https://doi.org/10.1145/986213.986216




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.1004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING