Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan menggunakan Model CIRC (Coorporative Integrated Reading and Composition) di Kelas IV SD Negeri 112331 Aek Kota Batu

Ainun Nisa Hasibuan, Riris Nurkholidah Rambe

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman pada pelajaran Bahasa Indonesia sebelum menggunakan model CIRC, 2) untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman pada pelajaran Bahasa Indonesia sesudah menggunakan model CIRC, dan 3) untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dengan penerapan model CIRC pada pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan beberapa tahapan siklus, yaitu  siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 112331 Aek Kota Batu Labura dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC yaitu 9 siswa yang tuntas atau dengan persentase 30%. 2) Kemampuan membaca pemahaman siswa setelah menggunakan model pembelajaran CIRC, yaitu pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 14 orang dengan persentase 53,33%. Selanjutnya, pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 26 orang dengan persentase 86,66%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal 86,66% dan dapat dinyatakan tuntas.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aris, Shoimin. (2018). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Artu, Nurdia. (2017). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Penerapan SQ3R”. Jurnal Kreatif Tadulako Online, volume 2, nomor 2.

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hamalik, Oemar. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Junaidi, K.K. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Medan: Perdana Publishing

Syafaruddin, dkk. (2017). Sosiologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Marlina, Marlina. (2017). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Scramble pada Peserta Didik Kelas I SDN 002 Benteng Kecamatan Sungai Batang”. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah . Volume 6 Nomor 2. hal. 411 (diakses hari selasa, 14 Januari 2020 pukul 15.00 WIB).

Nurdia, Artu. (2017). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Penerapan SQ3R”. Jurnal Kreatif Tadulako Online. volume 2. nomor 2.

Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Shoimin, Aris. (2018). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Syafaruddin, dkk. (2017). Sosiologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing. Medan: Perdana Publishing




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.1000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING