DEEP MIND MAPPING MODEL IMPLEMENTATION DEVELOP CHILD CREATIVITY
Abstract
Children's creativity is a potential that must be developed through the educational process. This study aims to describe the implementation of the mind mapping model in developing children's creativity in akidah akhlak lessons. This study uses a qualitative approach with a descriptive study method. The background of this research is in SDN 068003. Observation techniques, interviews, and document studies are three research data acquisition techniques. Then, the data were analyzed using an interactive analysis model, through the steps of data collection, data sorting, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the application of the mind mapping model makes it easier for educators during the thematic learning process, because it stimulates students to develop their creativity based on the spirit of group learning. Likewise, there are obstacles in implementing the learning model, namely the low focus of students in group activities, difficulties for teachers to control student learning behavior, and some students like to disturb their friends.
Full Text:
PDFReferences
Almaarif, F. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 12 Bandung. Skripsi, FKIP Unpas. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11463.
Almu, F.F. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Gambar Materi Indahnya Kebersamaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 177-185. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/47.
Anwar, M.M. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Antroposfer Siswa Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Juwana Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Universitas Negeri Sebelas Maret. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/38538.
Apriyanto, D. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Kemampuan Memori Siswa Terhadap Prestasi Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Hukum-hukum Dasar Kimia pada Siswa Kelas X Semester Gasal di SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Universitas Sebelas Maret. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/38700.
Ashoumi, H., Chotimah, C., Zulfah, M.A., & Rahmawati, R. 2020. Pelatihan Metode Pembelajaran Mind Mapping Bagi Guru Mata Pelajaran di MI Darul Ma’arif. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-6. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1003.
Assingkily, M.S., & Barus, U.S.B. 2019. Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dasar (Metodologi dalam Islam). Nizhamiyah, 9(2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/548.
Assingkily, M.S., Fauzi, M.R., Hardiyati, M., & Saktiani, S. 2021. Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang MI/SD (Dari Konvensional Menuju Kontekstual yang Fungsional). Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Assingkily, M.S. 2021. Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Astuti, T.P. 2019. Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64-73. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pbe/article/view/12310.
Bintara, F.H. 2013. Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis antara Model Pembelajaran INSTAD Dipadu Concept Map dengan Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Negeri Sebelas Maret. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/31037.
Buzan, T. 2005. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Dasna, I.W. 2015. Hakikat Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 1-61. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/MPDR5203-M1.pdf.
Elita, U. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 1(2), 177-182. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/BIOEDUSAINS/article/view/372.
Fadhilatunnisa, U. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Mind Map Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Peserta Didik di SMA Angkasa Tahun Ajaran 2016/2017 (Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas X MIPA Mata Pelajaran Ekonomi Lintas Minat). Skripsi, FKIP Unpas. http://repository.unpas.ac.id/29080/.
Fakhrurrazi, F. 2018. Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99. http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/at/article/view/529.
Istiningsih, A., Mawardi, M.., & Permata, H.K.I. 2019. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 11(1), 1-16. http://journal.unimma.ac.id/index.php/edukasi/article/view/2676.
Kristinawati, D., & Mahanal, S. 2017. Implementasi Model Brain Based Learning dengan Mind Map pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar, 1(1), 637-644. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/925.
Ma’ruf, A.H., Syafii, M., & Kusuma, A.P. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis HOTS Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 503-514. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv8n3_14.
Manullang, M., & Silaban, P.J. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV SD Negeri 060914 Kec. Medan Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(1), 110-129. https://core.ac.uk/download/pdf/287200754.pdf.
Marxy, A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(2), 173-182. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2490.
Nazliyah, R., Harahap, R.D., & Hasibuan, E.R. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Respirasi di Kelas XI SMA Negeri 2 Bilah Hulu. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 2(2), 180-185. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/534.
Nopalia, A. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Materi Pokok Nilai-nilai Pancasila Kelas X-IPS 4 SMAN 1 Dukupuntang. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 2(3), 137-141. http://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/158.
Nurroeni, C. 2013. Keefektivitan Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Journal of Elementary Education, 2(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/2081.
Priscylio, G., & Anwar, S. 2019. Integrasi Bahan Ajar IPA Menggunakan Model Robin Fogarty untuk Proses Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar MIPA, 14(1), 1-12. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/966.
Rahayu, R. 2016. Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD Melalui Penilaian Produk pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/562.
Rahayu, T., Joyoatmojo, S., & Wahyuni, S. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mempelajari Ekonomi Kelas X MIA 1 SMAN 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 2(1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/8965.
Retnowati, T. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi tentang Sistem Regulasi di Kelas XI IPA C SMA Negeri 5 Bogor. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 1-19. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/EDUCATE/article/view/992.
Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. 2012. Model Pembelajaran Problem Solving dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Biology Education, 1(3). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/1498.
Ruhama, I.A., & Erwin, E. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3841-3849. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1422.
Salminawati, S., & Assingkily, M.S. 2020. Filsafat Ilmu Pendidikan Dasar Islam (Sebuah Pengantar Filosofi dan Aplikasi Pendidikan Islam Jenjang MI/SD). Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Santosa, S., & Fitria, Z. 2021. Pembelajaran Tematik (Metodologi dalam Islam). Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6). https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/8565.
Sari, E.N., Ridlo, S., & Utami, N.R. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel di SMA. Unnes Science Education Journal, 5(3). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/13171.
Setyarini, D. 2019. Metode Pembelajaran Mind Map untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30-44. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/4894.
Sholihah, M.A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 8 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 1(1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/7017.
Sipahutar, R.B. 2018. Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Model Pembelajaran Mind Map. Jurnal Global Edukasi, 2(1), 75-81. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/236.
Suhelmi, E. 2007. Hakikat Pembelajaran. Educare, 1(1). http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/44.
Sulfemi, W.B. 2019. Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual dalam Meningkatkan Minat, Motivasi, dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidkan IPS Indonesia), 4(1), 13-19. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JurnalPIPSI/article/view/1204.
Sulichah, E. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 71-77. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/NATURAL/article/view/2965.
Sulistianah, A. 2021. Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 36 Surabaya. Jurnal Education and Development, 9(2), 249-254. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2563.
Sunarman, I.P.A., Suniasih, N.W., & Made Putra, M.P. 2015. Model Pembelajaran Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 2 Luwus Mekarsari. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/4841.
Suprihatin, D., & Hariyadi, A. 2021. Peningkatan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Melalui Model SAVI Berbasis Mind Mapping pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP Unma, 7(4), 1384-1393. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1468.
Surbakti, K. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa dengan Menggunakan Model Talking Stick Materi Sistem Pemerintahan Pusat. Jurnal Tematik, 8(1), 166-171. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/article/view/10386.
Syam, N., & Ramlah, R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3). https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/1612.
Utamie, F.N. 2019. Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantu Mind Maps untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Skripsi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/27457/.
Wati, S.H., & Sudigdo, A. 2019. Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sejarah Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Bagi Siswa Sekolah Dasar. Artikel Ilmiah UST Jogja. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4760.
Winataputra, U.S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. 2014. Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Artikel Ilmiah, 1(1), 1-46. https://core.ac.uk/download/pdf/198233125.pdf.
Wulandari, F.A., Mawardi, M., & Wardani, K.W. 2019. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10-16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17174.
Zuhdiana, A.A., & Mawartningsih, L. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Media Kartu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Environmental, and Learning, 14(1), 604-610. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/21122.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/brightvision.v3i1.2992
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING
Bright Vision by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/brightvision.