TEACHER PERFORMANCE IMPROVEMENT PLANNING AND LEARNING OPTIMIZATION
Abstract
Improving teacher performance is the upstream of the success of the learning process, and outstanding students are downstream of the process. This study aims to describe planning for improving teacher performance and optimizing learning. This type of research belongs to the category of qualitative approach with literature study method. Study analysis materials and data sources were obtained from internet-based searches with credible pages, such as Google Scholar, DOAJ, Moraref, and SINTA. The data materials in question include books, scientific articles, proceedings, and student final assignments. Furthermore, the validity or validity of the data is checked using data materials (scientific). The results of this study indicate that planning for improving teacher performance and optimizing learning through the stages of greedy organization, work intensification, performativity, and understanding organizational strengths.
Full Text:
PDFReferences
Amini, A., Pane, D., & Akrim, A. (2021). “Analisis Manajemen Berbasis Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMP Swasta Pemda Rantau Prapat” Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2782.
Apdila, M.N. (2021). “Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Peningkatan Kinerja Guru” Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1), 73-84. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/cjotl/article/view/90.
Ardiansyah, A. (2020). “Peran dan Kinerja Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di MA Al-Hidayah Pondok Kahuru dan MA Bismillah Cidanghiyang Ciomas Kabupaten Serang)” Skripsi, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. http://repository.uinbanten.ac.id/5706/.
Arka, J. (2016). “Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kedisiplinan Guru di MAN 2 Kota Bandung” Skripsi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/21439/.
Aryati, A. (2018). “Memahami Manusia Melalui Dimensi Filsafat: Upaya Memahami Eksistensi Manusia” El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 7(2), 79-94. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/elafkar/article/view/1602
Emda, A. (2016). “Strategi Peningkatan Kinerja Guru yang Profesional” Lantanida Journal, 4(2), 111-117. https://core.ac.uk/download/pdf/228447620.pdf.
Fuad, N. (2017). “Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Kinerja Guru PAI di SMP dan MTs” Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 23-32. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jmp/article/view/4213.
Gaol, N.T.L., & Siburian, P. (2018). “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66-73. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/1662.
Hamzah, A.A. (2015). “Eksistensi Manusia dan Tugas Pokoknya dalam Tinjauan Pendidikan Islam” Ash-Shahabah, 1(2), 26-33. http://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/ASH/article/view/136.
Haryono, E. D. P. (2021). “Intensifikasi Program Pemampatan Kompetensi Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Mengajar Secara Daring” Journal on Education, 4(1), 282-299. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/451.
Hurmaini, M. (2011). “Dampak Pelaksanaan Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Kinerja Guru dalam Proses Pembelajaran: Studi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Jambi” Media Akademika, 26(4), 499-535. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/252401.
Iskandar, U. (2013). “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/2061.
Junaidi, A. (2019). “Intensifikasi Program Pembinaan Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Guru di Lembaga Kursus Al-Qur’an Masjid Al-Falah Surabaya” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 227-246. https://www.e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/460.
Karsiyem, K., & Wangid, M.N. (2015). “Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus III Sentolo Kulon Progo” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 201-212. https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/6337.
Komar, A. (2020). “Peningkatan Kinerja Guru Berbasis Budaya Sekolah dan Motivasi Kerja Guru” At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 6(2), 109-117. https://www.ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/362.
Lailatussaadah, L. (2015). “Upaya Peningkatan Kinerja Guru” Intelektualita, 3(1). https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/196.
Lantu, R. Z., & Irfana, T. B. (2019). “Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja Dampaknya Terhadap Kinerja Guru” Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 1(1). http://jurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/manajemen-ubhara/article/view/494.
Luhulima, N. E. (2018). “Hubungan Lingkungan Kerja, Kompensasi, dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru MTs Negeri di Kota Malang” Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13182.
Munawar, M. (2014). “Perencanaan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Tombolo Pao Kabupaten Gowa” Skripsi, UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/5304.
Murtiningsih, M., & Lian, B. (2017). “Proses Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru SMP” Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 2(1), 87-96. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/1156.
Muspawi, M. (2021). “Strategi Peningkatan Kinerja Guru” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101-106. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/1265.
Ningrat, H.K. (2015). “Eksistensi Manusia dalam Manajemen Pendidikan Islam: Tinjauan Kritis dari Segi Fungsi Penggerakan/Motivating” Biota: Biologi dan Pendidikan Biologi, 8(1), 55-72. https://www.biota.ac.id/index.php/jb/article/view/59.
Nisa, K. (2018). “Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru di MTs Manbaul Ulum Bungah Gresik” Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28479.
Oktaviani, C. (2015). “Peran Budaya Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru” Manajer Pendidikan, 9(4). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/download/1163/971.
Prasetyono, H., Ramdayana, I.P., & Estiningsih, W. (2020). “Peningkatan Kinerja Guru Melalui Lingkungan Kerja dengan Mengoptimalkan Efektivitas Kepemimpinan dan Komitmen Tugas” Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 255-266. http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/12240.
Priatmoko, S. (2018). “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0” Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 221-239. http://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/ASH/article/view/136.
Rizki, F.L. (2018). “Pengaruh Kurikulum 2013 Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri se Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018: Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi” Skripsi, FKIP UNPAS. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37783.
Rulitawati, D., Ritonga, A. H., & Hasibuan, L. (2020). “Model Pengelolaan Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah di Provinsi Sumatera Selatan” Tesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/4346/.
Sarifudin, A. (2019). “Peningkatan Kinerja Guru dalam Implementasi Penilaian Sistem SKS Melalui Supervisi Akademik Pengawas Sekolah” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 417-434. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/539.
Sauri, L. G. (2019). “Optimalisasi Kinerja Guru Bimbingan Konseling dalam Memberikan Bimbingan Karir pada Kelas VII SMP Islam Nurul Yaqin Kareng Lebah Praya” Skripsi, UIN Mataram. http://etheses.uinmataram.ac.id/1084/.
Sholeh, M. (2016). “Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru” Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41-54. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jdmp/article/view/560.
Siskayanti, S. (2016). “Analisis Kompetensi Sosial Guru Fisika Berdasarkan Penilaian Kinerja Guru 2010 Madrasah Aliyah di Kota Makassar” Tesis, UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6296/1/siskayanti.pdf.
Slameto, S. (2017). “Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Beserta Faktor Penentunya” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 38-47. https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/5718.
Srihartini, Y., & Lestari, M.P. (2021). “Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19” Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 135-154. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/tarbiatuna/article/view/219.
Suarti, S. (2010). “Hubungan Persepsi Guru tentang Kemampuan Manajemen Kepala Madrasah dalam Pengembangan Sumberdaya Guru dan Komitmen Tugas dengan Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanjung Pura” Disertasi, Pascasarjana IAIN Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/142.
Sudiati, T. (2018). “Peningkatan Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal Melalui Workshop” Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 231-237. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/6768.
Sudirman, S. (2017). “Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Perbaikan Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai” Skripsi, UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/4278.
Suratmin, S. (2019). “Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak” Skripsi, IAIN Kudus. http://repository.iainkudus.ac.id/2971/.
Susanto, A. (2021). “Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi dan Implementasinya” Repository IAIN Batusangkar. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/22498.
Sutaji, S. (2021). “Intensifikasi Program Satu Sekolah Satu Buku untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita pada Guru SD” Journal on Education, 4(1), 157-173. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/411.
Syakban, I. I. (2019). “Eksistensi Manusia Perspektif Pendidikan Islam” Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 2(2). http://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/ummatanwasathan/article/view/1543.
Wahyudi, M. D., & Nasir, M. (2021). “Efektivitas Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah untuk Pengembangan Guru” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 60-64. https://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/521.
Wulandari, M.A., Arga, H.S.P., Kelana, J.B., Altafzani, D.H., & Ruqoyyah, S. (2020). “Analisis Pembelajaran daring pada Guru Sekolah Dasar di Era Covid-19” Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 164-168. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/2002.
Yuliandri, J., & Kristiawan, M. (2017). “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru” Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1057.
Zubair, A., Sasongko, R.N., & Aliman, A. (2017). “Manajemen Peningkatan Kinerja Guru” Manajer Pendidikan, 11(4). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/download/3291/1712.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/brightvision.v3i1.2989
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING
Bright Vision by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/brightvision.