PENGARUH MODEL ACTIVE DEBATE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MADRASAH ALIYAH SWASTA PROYEK UNIVA MEDAN
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Anonim. (2013). Buku Pedoman Guru Biologi Edisi Ke-4. Jakarta: Penerbit PT. Indeks.
Gholamin, A. (2013). Studying the Effect of Guided Dicovery Learning on Reinforcing the Creative Thinking of Sixth Grade Girl Students in Qom During 2012-2013 Academic Year. Journal of Applied Science and Agriculture, 8(5), 576-584.
Gofar, M., & Herawan, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Active Debate Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Edunomic, 5(1), 57-66.
Istarani. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Kemdikbud. (2012). Pedoman Penilaian Hasil Belajar. Jakarta. Kemdikbud.
Melani, S. (2016). Literasi Informasi dalam Praktek Sosial. Jurnal Iqra’, 10 (2), 67-82.
Mirasi, W.(2013). Comparing Guided Discovery and Exposition-with-Interaction Methods in Teaching Biology in Secondary Schools. Mediterranean Journal of Social Science, 4(14), 81-87.
Saefuddin, A., & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sagala, S. (2009). Konsepdan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sartika, D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Penemuan Terbimbing Terhadap Pengetahuan Biologi, Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Diponegoro Kisaran. Tesis. Medan: Pascasarjana Unimed.
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Silberman, M. L. (2013). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktiv. Jakarta: Nusa Media.
Wildan, M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Active Debate Terhadap Keterampilan Berbicara Oleh Siswa Kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Susu Tahun Pembelajaran 2011/2012. Skripsi. Medan: Unimed.
Wirtha,I.M., & Rapi, N.K. (2008). Pengaruh Model Pembelajarandan Penalaran FormalTerhadap PenguasaanKonsepFisika dan SikapIlmiah Siswa SMA Negeri 4 Singaraja.JurnalPenelitian dan Pengembangan Pendidikan Lembaga Pendidikan Undiksha, 1(2), 15-29.
Tirtarahardja, U. (2005). Pengantar pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.439
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL BIOLOKUS
indexed by :