PENGARUH MODEL ACTIVE DEBATE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MADRASAH ALIYAH SWASTA PROYEK UNIVA MEDAN

Muhammad Rafi'i Ma’arif Tarigan, Dian Ari Purnama, Masnadi Munir, Edi Azwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Active Debate terhadap hasil belajar siswa pada materi Ekosistem di Madrasah Aliyah Proyek UNIVA Medan. Penelitian ini dilaksanakan 30 April sampai 21 Juni 2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian seluruh siswa di kelas X Madrasah Aliyah Swasta Proyek UNIVA Medan Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 34 orang dan populasi dijadikan sampel keseluruhan (total sampling). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre-test dan post- test. Hasil belajar siswa yang menggunakan model Active Debate diperoleh nilai yang tuntas adalah sebanyak 23 orang (67,6%) dan yang tidak tuntas sebanyak 11 orang (32,3%) dengan nilai rata-rata 72,38 dan standart deviasi 15,38. Hasil uji normalitas diperoleh Lo < Ltabel yaitu 0,1122 < 0,1519 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,29 < 2,88 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel atau 11,76 > 1,64 dengan taraf kepercayaan 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Active Debate terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di Kelas X Madrasah Aliyah Swasta Proyek UNIVA Medan Tahun Ajaran 2014/2015.

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Anonim. (2013). Buku Pedoman Guru Biologi Edisi Ke-4. Jakarta: Penerbit PT. Indeks.

Gholamin, A. (2013). Studying the Effect of Guided Dicovery Learning on Reinforcing the Creative Thinking of Sixth Grade Girl Students in Qom During 2012-2013 Academic Year. Journal of Applied Science and Agriculture, 8(5), 576-584.

Gofar, M., & Herawan, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Active Debate Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Edunomic, 5(1), 57-66.

Istarani. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kemdikbud. (2012). Pedoman Penilaian Hasil Belajar. Jakarta. Kemdikbud.

Melani, S. (2016). Literasi Informasi dalam Praktek Sosial. Jurnal Iqra’, 10 (2), 67-82.

Mirasi, W.(2013). Comparing Guided Discovery and Exposition-with-Interaction Methods in Teaching Biology in Secondary Schools. Mediterranean Journal of Social Science, 4(14), 81-87.

Saefuddin, A., & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sagala, S. (2009). Konsepdan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sartika, D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Penemuan Terbimbing Terhadap Pengetahuan Biologi, Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Diponegoro Kisaran. Tesis. Medan: Pascasarjana Unimed.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Silberman, M. L. (2013). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktiv. Jakarta: Nusa Media.

Wildan, M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Active Debate Terhadap Keterampilan Berbicara Oleh Siswa Kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Susu Tahun Pembelajaran 2011/2012. Skripsi. Medan: Unimed.

Wirtha,I.M., & Rapi, N.K. (2008). Pengaruh Model Pembelajarandan Penalaran FormalTerhadap PenguasaanKonsepFisika dan SikapIlmiah Siswa SMA Negeri 4 Singaraja.JurnalPenelitian dan Pengembangan Pendidikan Lembaga Pendidikan Undiksha, 1(2), 15-29.

Tirtarahardja, U. (2005). Pengantar pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL BIOLOKUS

indexed by :