Manfaat Media Sosial Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Mahasiswa di Era Digital

Juni Sahla Nasution, Annisa Lestari Harahap, Fifi Indriani Hasibuan, Nurul Fadillah, Zahra Humairoh Gajah

Abstract


Media sosial merupakan bagian penting di dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk mahasiswa diseluruh dunia. Banyak mahasiswa menggunakan media sosial sebagai sarana untuk kreativitas mereka dengan melalui konten-konten seperti tulisan, gambar, musik, dan video. Media sosial, seperti TikTok, YouTube, Facebook, dan Instagram, menjadi platform penting bagi mahasiswa untuk mengekspresikan ide kreatif, berbagi informasi, serta membangun portofolio digital. Dengan menggunakan metode kajian literatur, penelitian ini mengungkap bahwa media sosial mendukung proses pembelajaran, memperluas jaringan sosial, dan membuka peluang bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial mempermudah akses informasi, menjadi sarana hiburan, meningkatkan keterampilan baru, dan membantu mahasiswa dalam menyebarkan karya kreatif. Namun, terdapat dampak negatif seperti menurunnya interaksi tatap muka, penyebaran hoaks, dan risiko kecanduan. Penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan media sosial secara bijak untuk memaksimalkan potensi kreativitas mahasiswa di era digital.


Full Text:

PDF

References


Fitriani, Yuni. 2021. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi atau Pembelajaran Digital. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(4), 1006-1013.

Iban, T. G., dkk. 2024. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Kreativitas Mahasiswa STMIK Widya Cipta Dharma. Jurnal Wicida, 28(2), 1-6.

Imanah, I., & Manar, M. A. A. 2022. Menjadi Guru Profesional di Era Digital: Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital dan Media Sosial. Community Services and Social Work Bulletin, 2(1), 49-62.

Marlianto, F., dkk. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Kreativitas dan Kepribadian Mahasiswa Pendidikan Tik Ikip Pgri Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 5(2), 212-226.

Minin, dkk. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Edunomia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(2), 164-174.

Nusantara, Cahya. 2017. Peran Media Sosial Untuk Peningkatan Kreativitas. Jurnal Kewarganegaraan, 1(2), 37-40.

Samosir, F. T., dkk. 2018. Efektivitas Youtube Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi di Fakultas FISIP Univeritas Bengkulu). Record and Library Journal, 4(2), 81-91.

Sari, M., & Asmendri, A. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53.

Situmorang, W. R., & Hayati R. 2023. Media Sosial Instagram Sebagai Bentuk Validasi dan Representasi Diri. Jurnal Sosiologi Nusantara, 9(1), 111-118.

Susanti, E., dkk. 2024. Dampak Media Sosial Bagi Mahasiswa TBI. RISOMA: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(3), 48-61.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371