ANALISIS MATERI AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH

Clara Shantika Ahya, Rizatul Hasanah, Asmaiwaty Asmaiwaty, Khadijah Khadijah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis materi Akidah Akhlak yang diajarkan di Madrasah, dengan fokus pada relevansi, kualitas, dan implementasinya dalam pembentukan karakter peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan observasi langsung pada madrasah tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi Akidah Akhlak memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai keislaman, akhlak mulia, dan pembentukan kepribadian islami pada siswa. Namun, terdapat tantangan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya media pembelajaran inovatif, keterbatasan waktu, dan perbedaan latar belakang siswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa integrasi nilai-nilai akhlak dengan kehidupan sehari-hari siswa menjadi kunci keberhasilan pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih kontekstual dan penggunaan teknologi dalam penyampaian materi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Kajian ini diharapkan menjadi referensi bagi pendidik dalam mengembangkan materi Akidah Akhlak yang lebih relevan dan aplikatif.


Full Text:

PDF

References


Citriadin, Yudin. 2020. Metode Penelitian Kualitatif (Suatu Pendekatan Dasar). Sanabil Creative.

Dewi, Fitri Nur Rohmah. 2021. “Konsep Diri Pada Masa Remaja Akhir Dalam Kematangan Karir Siswa.” KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling” 5 (1)

Hasnawati. 2024. “Dasar-Dasar Aqidah Dan Akhlak Dalam Islam.” Pendais 6 (1)

Ilmu, Hikami. 2021. “KONSEP ISTIQAMAH DALAM PERSPEKTIF AL-QUR ’ AN Pendahuluan HIKAMI : Ilmu Al-Qur ’ an Dan Tafsir” 2 (2)

Jannah, Miftahul. 2020. “Peran Pembelajaran Aqidah Akhlak Untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4 (2)

Lendra, Enovia. 2022. “Hakikat Taubat Dan Implementasinya Menurut Abu Al-Qasim Al-Qusyairi.” Jurnal Al-Aqidah 14 (1)

Rubini, Rubini. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Gunungkidul Yogyakarta.” Humanika 21 (1)

Sari, Gina, and Fiqra Nazib. 2023. “Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah (Penelitian Deskriptif Pembelajaran Akidah Akhlak Di MI Al-Khoiriyyah III Karangpawitan).” Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (2)

Suleman, Dede. 2020. “Disiplin: Sikap Dan Perilaku Taat.” SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business 3 (1)

Taufiqurrohman. 2019. “319706-Ikhlas-Dalam-Perspektif-Alquran-2D054a62.” EduProf Volume 1 (02).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371