STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU DI MTS UMMUL QURAA TEMBUNG

Tengku Darmansah, Fatin Syahirah, Lola Amalia Sibarani, Soleh Parlindungan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) strategi implementasi kebijakan pendidikan dalam peningkatan mutu di MTs Ummul Quraa, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan, dan (3) model implementasi kebijakan yang diterapkan di MTs  Ummul Quraa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah  dan guru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Hubberman. Keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi implementasi kebijakan dilakukan melalui penguatan manajemen sekolah, peningkatan kompetensi guru, dan integrasi nilai-nilai keislaman, dengan tujuan jangka pendek meningkatkan mutu pembelajaran dan jangka panjang mencetak generasi unggul. (2) Faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan meliputi komunikasi yang jelas, ketersediaan sumber daya, disposisi positif dari guru dan staf, serta struktur organisasi yang efisien. (3) Model implementasi kebijakan yang digunakan adalah kombinasi model langsung dan intuitif, dengan langkah-langkah yang jelas dan evaluasi berkala.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Boedi & Saebani, Beni Ahmad. (2014). Metode Penelitian Ekonomi Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Baedhowi. (2004), Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah Bidang Pendidikan: Studi Kasus di Kabupaten Kendal dan Kota Surakarta, Disertasi Departemen Ilmu Administrasi FISIP Universitas Indonesia, Jakarta.

Fattah, N. (2013). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan: dalam konteks penerapan MBS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hanisy, Asmad. (2013). Konsep dasar analisis kebijakan. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 4(1), 48-63.

Irene, S. (2011). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irianto, Y. B. (2011). Kebijakan Pembaharuan Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Rohman, A. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.

Subarsono. (2008). Analisis Kebijakan Publik (konsep, teori, dan Aplikasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudiyono. (2007). Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Pendidikan. Buku Ajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371