IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR LEARNING DALAM MEMBENTUK LINGKUNGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

Rony Zulfriman, Martin Kustanti, Rezki Amelia, Gusmirawati Gusmirawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi metode outdoor learning dalam membentuk lingkungan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Outdoor learning merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan luar ruangan sebagai sumber dan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran outdoor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode outdoor learning berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, ditandai dengan: (1) meningkatnya motivasi dan antusiasme siswa dalam pembelajaran, (2) terciptanya pengalaman belajar yang bermakna melalui interaksi langsung dengan objek pembelajaran, (3) berkembangnya keterampilan sosial dan kemampuan kerja sama siswa, dan (4) meningkatnya pemahaman konsep melalui pengalaman nyata. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode outdoor learning sebagai alternatif strategi pembelajaran yang dapat mengoptimalkan proses dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, outdoor learning tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga memperkaya pengalaman pendidikan mereka secara keseluruhan.


Full Text:

PDF

References


A’in, F. (2023). Efektivitas Metode Outdoor Learning Berbasis Farming Untuk Mengembangkan Kemampuan Pengenalan Sains Pada Anak Usia Dini [Phd Thesis, Universitas Islam Lamongan]. Http://Eprints.Unisla.Ac.Id/2292/

Aliriad, H., Da’i, M., & Apriyanto, R. (2023). Strategi Peningkatan Motorik Untuk Menstimulus Motorik Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Aktivitas Luar Ruangan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4609–4623.

Alvionita, L. C., Zimraam, N. A., Parwati, S. L., Rahmawati, N. D., Fadhilah, S. R. D., Prasetya, F. D., Tsabita, E. M. Z., & Alficorista, N. B. E. (2023). Implementasi Pembelajaran Luar Ruangan (Outdoor Learning) Sebagai Penguat Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Unnes 2023. Journal Of Education And Technology, 3(2), 173–185.

Fadila, R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Berbasis Education Sustainable Developmentterhadap Literasi Lingkungan Dan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Kelas X [Phd Thesis, Uin Raden Intan Lampung]. Https://Repository.Radenintan.Ac.Id/Id/Eprint/34619

Halisa, N., Sukmarani, D., & Wardana, A. E. (2024). Pengaruh Metode Outdoor Experiential Learning Terhadap Sikap Bernalar Kritis Siswa Kelas Iv Sdit Alam Nurul Islam Yogyakarta. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-Sd-An, 11(1), 82–95.

Hayati, R. S. (2020). Pendidikan Lingkungan Berbasis Experiential Learning Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 20(1), 63–82.

Husna, K., Fadhilah, F., Harahap, U. H. S., Fahrezi, M. A., Manik, K. S., Ardiansyah, M. Y., & Nasution, I. (2023). Transformasi Peran Guru Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 154–167.

Mulyaningsih, I. N., Sujana, A., & Nugraha, R. G. (2024). Pengaruh Pendekatan Outdoor Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1693–1697.

Nurasiah, I., Rachmawati, N., Supena, A., & Yufiarti, Y. (2022). Literatur Riview: Model Pembelajaran Brain Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3991– 4003.

Putri, C. S. (2023). Peran Pembelajaran Berbasis Outdoor Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa: Studi Quasi-Eksperimental Di Sekolah Menengah Atas Di Bandung. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 68–77.

Sari, D. D., Kinanti, D., Sartika, P. D., Pramesti, R. A., & Aidah, R. S. (2023). Kajian Outdoor Learning Process Dalam Pembelajaran Biologi. Diajar: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 160–166.

Supriadi, U., Faqihuddin, A., & Islamy, M. R. F. (2024). Integrasi Nilai Islam Dalam Pendidikan: Studi Kasus Pelatihan Guru Mata Pelajaran Umum Pada Madrasah Tsanawiyah. Abdimasy: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 74– 87.

Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi Dalam Pembelajaran. Pt Rajagrafindo Persada. Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/55466

Susanti, N., Zahara, A., Darus, N. F., & Zulaila, Z. (2024). Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Penyakit Jantung Koroner: Literatur Riview. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 4127–4222.

Tibe, A. M., Yanti, R., & Jamaluddin, N. E. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Metode Outdoor Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus: Mts As’ Adiyah No. 45 Lonra Kabupaten Wajo). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(1), 769–781.

Tristya, I. (2024). Tinjauan Literature Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Dzurriyat: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 73–88.

Umkabu, T. (2023). Strategi Pembelajaran Experential Learning Terhadap Peningkatan Akademik Siswa Di Sd Muhammadiyah Abepura. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 459–468.

Widodo, S. F. A., Mr, M. I. F., Widiastuti, A., Ahmed, T., & Shahzeb, S. (2024). Implementasi Dan Dampak Pendidikan Holistik Berbasis Lingkungan Pada Siswa: Studi Kasus Di Sekolah Alam. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 24(2), 193–204.

Wulan, W., & Wathon, A. (2021). Implementasi Metode Outdoor Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok B Di Ra Muslimat Khadijah Al Huda Patianrowo Nganjuk. Sistim Informasi Manajemen, 4(1), 181–195.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371