EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA DALAM PERENCANAAN KARIR KELAS XII SMK SWASTA MANDIRI

Linri Linri, Irwan S, Alfin Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring  untuk mengurangi kecemasan siswa dalam perencaan karir. Lokasi penelitian di SMK Swasta Mandiri yang beralamat di Jalan Datuk Kabu Pasar 3 Tembung, Kabupaten deli Serdang, Kecamatan Percut Sei Tuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pre eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest design. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan angket berskala liket. populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMK Swasta Mandiri tahun ajaran 2024. Jumlah populasi (60) = 30 siswa, jadi jumlah sampel yang diperoleh adalah 30 siswa. Hasil uji validitas 25 valid dan 3 tidak valid. Uji reliabilitas 0,742 > 0,60. Uji persyaratan menggunakan normalitas dan linearitas. Uji hipotesis statistic dengan menggunakan uji Paired Sample T Test dengan bantuan Spss. 26. Hasil penelitian ini adalah Layanan bimbingan kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring untuk mengurangi kecemasan siswa dalam perencanaan karir efektif Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam Perencanaan Karir Kelas XII Smk Swasta Mandiri. Dengan dibuktikan hasil perhitungan statistika diperoleh nilai t hitung 3,374. diperoleh bahwa nilai dari signifikan Two Tailed yang bernilai 0,002 < 0,05 menghasilkan perbedaan yang nyata pada layanan bimbingan kelompok dalam nilai Pretest dan Posttest. Tingkat kecemasan siswa dalam perencanaan karirnya setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring mengalami penurunan, hasil perhitungan statistika diperoleh Mean pada Preetest 103,43. Dan Mean pada Post Test sebesar 96, 90.


Full Text:

PDF

References


Abubakar, S. R. (2011). Pelaksanaan Bimbingan Karir Bagi Siswa Sma Sebagai Persiapan Awal Memasuki Dunia Kerja1. Jurnal Neliti, 01(34), 137–144.

Adiputra, S. (2015). Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Fokus Konseling, 1(1), 45–56.

Asari, H. (2014). Hadis-hadis Pendidikan Sebuah Penelusuran Akar-akar Ilmu Pendidikan Islame.

Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 57.

Azhar, Fitriani, Nurasyah. (2020). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Disiplin Mahasiswa BK. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(2), 34–38.

Az-Zuhaili, Wahbah. (2018). Tafsir Al-Munir Jilid 11 (Juz 21 & 22). Gema Insani. 7

Bunu, H. Y., & Suriatie, M. (2021). As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga Penerapan Teknik Modeling Simbolis Dalam Pengembangan Perencanaan Karier Siswa SMP Negeri 6 Palangka Raya Universitas Palangka Raya. 3, 102–109.

Gazda. (1984). Bimbingan Konseling. Jakarta: Gramedia.

Ghozali & Imam (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok. In Book.

Harahap, A. (2021). Prosedur Kelompok dalam Konseling. Yogyakarta: Mirra Buana Media

Harahap. (2019). Konsep Dasar Bimbingan Konseling Karir dan Perspektif Islam. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 1(2), 252-270.

Laili Sulistyowati, A. N. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatka Keterampilan Belajar Siswa. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 413–430.

Nursalim, M. (2013). Strategi & Intervensi Konseling. Jakarta: Indeks.

Noviandari, H., & Kawakib, J. (2016). Teknik Cognitive Restructuring untuk meningkatkan self efficacy belajar siswa. Jurnal Psikologi, 3(2), 76–86.

Prayitno, dkk.. (2017) Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok Konseling yang Berhasil (Dasar dan Profil). Bogor: Ghalia Indonesia.

Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Dasar dan Profil. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.

Ramadani, A. I. S., Alam, F. A., & Rauf, W. (2022). Implementasi Bimbingan Kelompok dalam Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(1), 1–12.

Ricmadayanti, C. (2022). Hubungan Self Confidence Dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas Xii Jurusan Perhotelan Di Smk Negeri 1 Ngasem Kabupaten Kediri. 21.

Rosmana, F. H., Wikanengsih, W., & Suherman, M. M. (2019). Gambaran Perencanaan Karier Siswa Smp. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(4), 147.

Setianingsih, E. S. dkk. (2014). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 76–82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371