JENIS DAN KARAKTERISTIK INOVASI PEMBELAJARAN

Fachry Fauzy Harahap, Fatimah Lubis, Mita Fitria, Nora Khairani

Abstract


Jenis dan sifat inovasi dalam pembelajaran memiliki peranan utama dalam sektor pendidikan. Pembaharuan ini menjadi krusial untuk meningkatkan daya saing pendidikan di Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain. Jenis dan karakteristik inovasi pembelajaran menjadi unsur fundamental yang harus diimplementasikan agar dapat diterima dan menghasilkan dampak positif dalam ranah pendidikan. Inovasi dalam bidang pendidikan dianggap sebagai suatu keharusan, karena tanpanya, kemajuan dalam dunia pendidikan akan terkendala. Metode penelitian yang dipakai penulis adalah metode kepustakaan atau penelitian perpustakaan, yang melibatkan pengumpulan, analisis kritis, dan pemeriksaan rinci terhadap informasi dari berbagai sumber kepustakaan seperti buku, e-book, dan jurnal yang relevan. Referensi ini digunakan untuk membahas dan mendukung penelitian yang terkait dengan isu atau topik tertentu. Hasil dari pembahasan menunjukkan bahwa karakteristik inovasi pembelajaran mengacu pada ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh ide baru tersebut, dengan tujuan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Setiap jenis inovasi pembelajaran memiliki kelebihan dan kesesuaian masing-masing, tergantung pada konteks dan tujuan pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahmansyah. 2022. “Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi Melalui Sistem Penjamin Mutu dengan Pendekatan Total Quality Management (TMQ)” Jurnal perspektif 6 (2).

Ananda, Rusydi & Amiruddin. 2017, Inovasi Pendidikan : Melejitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan, Medan : CV. Widya Puspita.

Hidayatullah, Bagus, dkk, 2023. EDUCATION JOURNAL General And Spesific Reaserch Karakteristik dan Strategi Inovasi Pendidikan.

Djamaluddin, Ahdar. 2019, 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare : CV. KAAFFAH LEARNING CENTER.

Hoseanto, O. (2016). Hakikat Pembaharuan dalam Pembelajaran (O. Hoseanto & P. Pannen, Eds.). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Nikmawati (2021), Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Project Di SMK Dr. Wahidin Sawahan Nganjuk. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

Saleh, Indra Taupik, dkk. 2022. “Karakteristik, Proses Keputusan, Dufusi, Diseminasi dan Strategi Inovasi Pendidikan”. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 4 (1).

Riska Hadiningsih, Sepmi, 2021. Inovasi pembelajaran yang dilakukan guru di masa pandemi, Universitas Riau.

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP) . Jakarta: Kencana.

Sa’ud, Syaefudin Udin. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rogers, E. M. (2003). Diffusion Of Innovation (p. 1430). p. 1430. New York: Free Presh.

Sugono, D. (2008). KAMUS BAHASA INDONESIA. Jakarta: Pusat Bahasa.

Yusuf Amir, Muhamad, dkk. 2019, Karakteristik Inovasi Pembelajaran, Palu : Universitas Tadulako.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371