PERKEMBANGAN MASYARAKAT INDONESIA TRADISIONAL,TRANSISI, MODERN PEDESAAN DAN PERKOTAAN

Saripa Haribulan Nasution, Faradiza Ariska Sitorus, Heni Winda Siregar

Abstract


Seiring dengan berkembangnya zaman,maka di Indonesia sendiri banyak terjadinya perubahan,baik itu pendidikan,ekonomi,budaya,IPTEK{Ilmu Pengetahuan Teknologi} dan masih banyak lagi perubahan yang terjadi di Indonesia,Namun dari perkembangan tersebut ada yang namanya Evolusi Dan Revolusi.Biasanya evolusi itu terjadi pada masyarakat Modern dan Revolusi itu sebaliknya terjadi pada masyarakat tidak Modren.Pada perkembangnya masyarakat terbagi atas 2 macam ,yaitu:masyarakat Tradisional dan Masyarakat Modren.pada masyarakat tradisional juga dapat disebut masyarakat pedesaan,kemudian masyarakat Tradisional juga  bias  dikatakan sebagai masyarakat perkotaan.Pada tahapnya,sebelum masyarakat tersebut berkembang menjadi masyarakat perkotaan terjadi yang namanya masyarakat Transisi,dari masyarakat pedesaan menjadi masyarakat perkotaan.

Kata Kunci: Perkembangan Masyarakat Indonesia Tradisional,Transisi,Modernisasi Pedesaan Dan Kota

Full Text:

PDF

References


Darmadi, H. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi (2nd ed.). Alfabeta

Dewi, A.D. 2021 Implementasi nilai pancasila sebagai landasan bhineka tunggal Ika.Jurnal kewarganegaraan.

Glenn, J. K., & Goldman, J. (1976). Task delegation to physician extenders—Some comparisons. American Journal of Public Health, 66(1), 64–66. https://doi.org/10.2105/ajph.66.1.64

Hamid Darmadi. (2014). Urgensi pendidikan pancasila dan kewargaegaraan dinperguruan tinggi (2nd ed.).

Rasdiany. et.al. 2021. Deskriptif, Studi Interaksi sosial masyarakat desa dan kota. “perbandingan pendidikan masyarakat sederhana dan Pendidikan masyarakat modern.” Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami 7(1): 58–65.

Rizik, Miftahur, Lias Hasibuan, and Kasful Anwar Us. 5 VOLUME Pendidikan Masyarakat Modern Dan Tradisional Dalam Menghadapi Perubahan Sosial dan Modernisasi.

Udin, S. W. 2008. Multi Kulturalisme-Bhineka Tunggal Ika dalam Perspektif Pkn Sebagai Wahana Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia dalam “Acta Civicus”. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2 (1).

Wahab, A. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Penerbit Alfa Beta.

Wahyudi, Aditya Firdaus. 2019. “Tipe - Tipe Masyarakat Tradisional Dan Moderm.” UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten: 1–11. https://osf.io/fb2js/download/?format=pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371