PERAN BIMBINGAN KONSELING SEKOLAH DI TENGAH COVID-19

Khairuddin Tambusai

Abstract


Belajar dari rumah yang diterapkan pada saat pandemi Covid-19 juga memberikan potensi terjadinya masalah yang lebih serius dari pada sebelumnya terutama untuk di daerah yang belum banyak mengenal Ilmu Teknologi dan potensi perekonomiannya masih menengah ke bawah. Maka, dibutuhkannya bimbingan konseling untuk menentukan solusi dari masalah-masalah yang muncul semasa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan studi pustaka (library research). Teknis analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Maka disimpulkan peran bimbingan konseling ini memiliki tiga peran yaitu peran sentral, kualisifikasi guru dan penguatan peran terhadap peran guru agar mengoptimalkan dan memberikan strategi pembelajaran yang baik melalui aplikasi belajar online, sedangkan siswa diminta mampu beradaptasi dengan sistem pembelajaran daring yang belum pernah mereka terapkan, lalu orang tua diharapkan menciptakan iklim belajar yang baru dengan memfasilitasi kegiatan pembelajaran daring di rumah.

Full Text:

PDF

References


Amin, Samsul Munir. (2010). Bimbingan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.

Aji, Rizqon Halal Syah. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keteranpilan, dan Proses Pembelajaran. Salam; Jurnal Sosial & Budaya Syar-I. 7(5). 395-402.

Azanella, Luthfia Ayu. (2020). Virus Corona: Penyebab, gejala, pencegahan, dan kapan harus segera ke dokter. KOMPAS.com https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/31/162000665/virus-corona--penyebab-gejala-pencegahan-dan-kapan-harus-ke-doker

Fathurrohman. (2020). Kompetensi Guru pada Teknologi Masih Rendah. Fin.co.id. https://fin.co.id/2020/02/07/kompetensi-guru-pada-teknologi-masih-rendah/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020.kemendikbud.go.id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2020). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 Tentang PSBB. Covid-19.go.id. https://covid19.go.id/p/regulasi/pp-no-21-tahun-2020-tentang-psbb-dalam-rangka-penanganan-covid-19

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2008), Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor Nomor 27 Tahun 2008.jdih.kemendikbud.go.id. https://jdih.kemedikbud.go.id/arsip/Nomor%252027%2520Tahun%25202008.pdf&ved=2ahUKEwj_5uaH3PnsAhXo4XMBHd2KCAMQFjAFegQIDhAB&usg=AOvVaw1LBfvcZghCIKB5KdVDvExm

Pranita, Ellyvon. (2020). 3 Tahap Psikologi yang Anda Lalui selama Pandemi Covid-19. KOMPAS.com. https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/15/100300623/3-tahap-psikologi-yang-anda-lalui-selama-pandemi-covid-19

Sulistyarni & Mohammad Jauhar, (2014). Dasar-dasar Konseling. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Azhari Akmal. (2011). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Medan: La-Tansa Press.

Willis, Sofyan S.(2014). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandng: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v2i2.826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :