STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGURANGI KENAKALAN SISWA MELALUI KONSELING INDIVIDU DI MADRASAH ALIYAH SWASTA PAB 1 SAMPALI

Wirda Fitriah Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penanganan dengan menggunakan konseling individu yang sesuai dan seharusnya diberikan kepada siswa dalam mengurangi kenakalan siswa, dengan batasan rumusan masalah yakni untuk mengetahui apakah dengan konseling individu kenakalan siswa itu bisa berkurang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitiannya adalah guru bimbingan dan konseling dan 6 (enam) siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa strtaegi yang sudah dilakukan di sekolah tersebut dalam mengurangi kenaklan siswa adalah konseling individu, layanan informasi, dan bimbingan kelompok. Kegiatan bimbingan dan konseling yang dilakukan guru pembimbing dan konseling berdampak cukup bagus, hal ini terlihat dari prilaku siswa di MAS PAB 1 Sampali.
Kata kunci: Strategi Guru BK, Kenakalan Siswa, Konseling Individu.

Full Text:

PDF

References


Akhyar Syaiful. 2015. Konseling Islami. Bandung׃

Citapustaka Media

Al-Qur’an dan Terjemahnnya. 2009. Bandung׃ PT, Sigma Examedia Arkanleema. Departemen Agama RI

Adhiputra Agung Ngurah. 2013. Bimbingan Dan Konseling Aplikasi di Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak. Yogjakarta: Graha Ilmu.

Asmani Jamal Ma’mur. 2012. Kiat mengatasi kenakalan remaja disekolah, Yogyakarta׃ Buku Biru

Dahlan Syarifuddin. 2014. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep Dasar dan Landasan Palayanan. Yogyakarta׃

Graha ilmu

Hurlock. Elizabeth B. 1980. Psikologi Perekmbangan, Jakarta ׃

Erlangga

Kartono Kartini. 2010. Kenakalan Remaja Patologi Sosial 2. Jakarta׃ Raja Grafindo Persada

Lumongga Namora.2014. Memahami Dasar-Dasar Konseling dalam Teori dan Praktik. Jakarta׃

Kencana

Lubis Lahmuddin. 2012 . Landasan bimbingan konseling di Indonesia, Bandung ׃ Cipta Pustaka Media Perinti

M. Luddin,Abu Bakar. 2009. Kinerja Kepala Sekolah Dalam Kegiatan bimbingan Dan Konseling. Bandung׃ Citapustaka Media Perintis

Moleong Lexy, J. 2002. Meodologi Penelitian Kualitatif, Bandung׃ Remaja Rosdakarya

Mulyani. 2016. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta׃ Prenada media Grup

Raco. J.R 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Kunggulannya. Jakarta ׃ Gramedia Widiasarana Indonesia

Sanusi Anwar. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta ׃ Salemba empat

Sukardi Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. Jakarta׃ PT Rineka Cipta

Soekanto Soerjono 1996, Remaja dan Masalah-masalahnya, Jakarta׃ PT. Gunung Mulia,

Sudarto. 2002. Metode penelitian Filsafat, Jakarta ׃ Raja Grafindo Persada

Salim dan syahrum. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif .bandung׃ Cipta Pustaka Media

Tohirin. 2013. Bimbingan Dan Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarata׃ raja Grafindo Persada

Usman Ahmad. 2008. Mari Belajar Meneliti. Yogyakarta׃ Genta Press.

Prayitno. 2004. Seri layanan konseling L1-l9, Padang׃, UNP

Prayitno dan Erman Amti, 2004. Dasar-dasar bimbingan dan konseling Jakarta׃ Rineka Cipta

Prayitno. 1995. Layanan dan bimbingan konseling kelompok, Jakarta ׃ Ghalia Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v2i1.693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :