PENGARUH LAYANAN ORIENTASI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MAL UIN SUMATERA UTARA

Khairuddin Tambusai

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana pelaksanaan layanan orientasi yang dilakukan guru BK terhadap siswa, keadaan pembentukan karakter siswa serta bagaimana pengaruh layanan orientasi terhadap pembentukan karakter siswa MAL UIN Sumatera Utara.Lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Laboratorium UIN Sumatera Utara yang terletak di lokasi Kampus II UIN Sumatera Utara, Jalan Williem Islandar Pasar V Medan Estate Percut Sei Tuan Sumatera Utara. Sumber data dalam penelitian ini Guru BK dan Siswa MAL UIN Sumatera Utara dengan menggunakan instrument pengumpulan data berupa kuesioner dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi Produc Moment.
Hasil penelitian ini adalah 1). Pelaksanaan layanan orientasi yang dilakukan guru BK MAL UIN Sumatera Utara telah terlakasana dengan, diikuti siswa secara aktif, dirasakan siswa manfaatnya, terutama sekali berkaitan dengan mengenali lingkungan belajar dan aktifitas belajar mereka. 2) Keadaan karakter siswa sesuai dengan indikator yang dikemukakan tergolong siswa yang memiliki karakter tinggi atau baik, hal itu terlihat dari 18 indikator yang diajukan dalam penelitian, 3). Pelaksanaan layanan orientasi berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter siswa di MAL UIN Sumatera Utara dengan rxy sebesar 0,492527 tingkat hubungan ini termasuk pada interval tingkat hubungan cukup atau sedang. Hasil pengujian ini membuktikan bahwa pelaksanaan layanan orientasi terhadap karakter siswa memiliki kaitan yang signifikan yang berarti bahwa terjadinya karakter siswa di pengaruhi oleh pelaksanaan layanan orientasi.
Kata Kunci : Layanan Orientasi, Karakter Siswa

Full Text:

PDF

References


Mansur Muslich, (2008). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Muhammad Yaumi, (2010). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Kencana.

Prayitno& Erman Emti, (2004), Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Abu Bakar M. Luddin, (2010). Dasar-Dasar Konseling Tinjauan Teori dan Praktik, .Medan: Perdana Mulya Sarana

Prayitno Dkk, (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Nasin Elkabumaini, (2014). Penerapan pembelajaran Budaya dan Karakter bangsa. CV. Gaza Publishing.

Erie Sudewo, (2011). Character Building Menuju Indonesia Lebih Baik. Jakarta: Republik.

Mahmud, (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.

Amirullah Syarbini, (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suharsimi Arikunto, (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v2i1.692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :