UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI KECEMASAN SISWA SAAT BERBICARA DI DEPAN UMUM DENGAN TEKNIK RELAKSASI SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN
Abstract
Penelitian tentang Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Menanggulangi Kecemasan Siswa saat Berbicara di Depan Umum dengan Teknik Relaksasi SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019. Bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penanganan dengan menggunakan teknik relaksasi yang sesuai dan seharusnya diberikan kepada siswa dalam menangani kecemasan siswa saat berbicara di depan umum, dengan batasan rumusan masalah yakni untuk mengetahui upaya guru bimbingan konseling dalam menanggulangi kecemasan siswa saat berbicara di depan Umum dengan teknik relaksasi SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitiannya adalah 2 (dua) guru bimbingan dan konseling dan 6 (enam) siswa. Sedangkan yang menjadi objek penelitiannya adalah teknik relaksasi dalam menangani kecemasan siswa saat berbicara di depan umum SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi
Kata Kunci : kecemasan siswa berbicara di depan umum, teknik relaksasi
Full Text:
PDFReferences
Abdul Aziz Al Husain, (2004), Jangan Cemas Menghadapi Masa Depan, Jakarta: Qisthi Press.
Agustina Ari Setianingrum, dkk, 2013, Upaya Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan
Umum Menggunakan Teknik Relaksasi, Vol:2, No: 4.
Balqis Khayyirah, (2013), Cara pintar Berbicara Cerdas di depan Publik, Yogyakarta: Diva
Press.
Gunarsa, (1995), Psikologi untuk Membimbing, Jakarta: Gunung Muli.
Jonathan Sarwono, (2005), Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lahmuddin Lubis, (2007), Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Hijri Pustaka Utama.
Lexy J. Meleong, (2000), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Lilis Ratna, (2012), Teknik-teknik Konseling, Yogyakarta: Deepublish.
Sayyid Mujtaba Musavi, (1993), psikologi islam, membangun kembali moral generasi muda,
Bandung: Hidayah.
Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, (2009), Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Bnadung: Alfabeta.
Triantoro Safaria, (2005), Autisme, Yogyakarta: Grahana Ilmu,
Wiramihardja Sutardjo A, (2005), Pengantar Psikologi Abnormal, Bandung, Refika Aditama.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v1i2.596
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
===========================================================================================================
LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :
ISSN (print) : 2656-2782 ISSN (online) : 2720-9806
INDEX BY :