PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 5 SERUWAY ACEH TAMIANG TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) tingkat dukungan sosial teman sebaya pada siswa SMP Negeri 5 Seruway Aceh Tamiang, 2) tingkat prestasi belajar siswa SMP Negeri 5 Seruway Aceh Tamiang, 3) adanya pengaruh antara dukungan sosial teman sebaya dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 5 Seruway Aceh Tamiang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan melalui teknik analasis korelasional. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 5 Seruway Aceh Tamiang dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dukungan sosial teman sebaya dengan hasil koefisien determinan sebesar 5,3361% dan 94,6639% prestasi belajar di pengaruh oleh faktor lain. Dengan dilakukan perhitungan secara keseluruhan maka hasil nilai “r” sebesar
0,231. Dan memeriksa tabel nilai “r” product moment ternyata Df sebesar 30. Pada taraf signifikan 5% = 0,361, sedangkan taraf signifikan 1% = 0,463. Maka hasil yang didapat adalah “r” hitung lebih kecil baik pada taraf signifikan 5% (0,231 < 0,361) maupun 1% (0,231 < 0,463). Dengan demikian dapat diketahui, Hipotesis Nihil (Ho) ditolak sedangkan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Dari perhitungan ini menunjukkan terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y, akan tetapi itu korelasi yang lemah atau rendah pada kelas VII-1 SMP Negeri 5 Seruway Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Pengaruh Sosial, Teman Sebaya, Prestasi Belajar
Full Text:
PDFReferences
Akhyar, Saiful. (2017). Konseling Islami Dalam Komunitas Pesantren. Medan:
Perdana Publishing
Danim, Sudarwan. (2017). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta
Daulay, Nurussakinah. (2014). Pengantar Psikologi dan Pandangan Al-Qur’an
tentang Psikologi. Jakarta: Prenadamedia Group
Departemen Agama RI. (2005). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: PT
Syaamil
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik : Panduan Bagi Orang
tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak. Bandung : Remaja
Rosdakarya
Dimiyanti. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka
Cipta
Hurlock, Elizabeth B. (2011). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga
Manurung, Purbatua. (2016). Media Pembelajaran dan Pelayanan BK. Medang:
Perdana Publishing.
Putra Daulay, Haidar. (2014). Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah (Kajian
dari Zaman Pertumbuhan Sampai Kebangkitan). Jakarta: Kencana
Rumengan, Jemmy. (2012). Metodologi Penelitian Dengan SPSS. Batam: Uniba
Press
Santosa, Slamet. (2009). Dinamika Kelompok. Jakarta: PT Bumi Aksara
Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak Edisi Ketujuh Jilid Dua. Jakarta:
Erlangga
Santrock, John W. (2007). Perkembangan Masa Hidup Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Santrok, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Sarafino, Edward. (1994). Health Psychology. Jakarta: PT Cakra Indah Pustaka
Smet, Bart. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT Grafindo
Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Syafaruddin. (2016). Sosiologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing
Syaodih, Nana. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Tunggadewi, Titis Pramesti. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan
Motivasi Belajar Pada Santri di Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Jawa
Tengah. Vol. 7 Nomor 3. Agustus 2017
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v1i2.595
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
===========================================================================================================
LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :
ISSN (print) : 2656-2782 ISSN (online) : 2720-9806
INDEX BY :