PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH-2 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat berpengaruh atau tidaknya layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional siswa di SMA Muhammadiyah 2 Medan. Kecerdasan emosional adalah suatu kemampuan yang dapat mengerti emosi diri sendiri dan orang lain, serta mengetahui bagaimana emosi diri sendiri terekspresikan. Bila seseorang memiliki IQ tinggi namun taraf emosionalnya rendah maka cenderung akan terlihat sebagai orang yang keras kepala, sulit bergaul, muda frustasi, tidak mudah percaya kepada orang lain, tidak peka terhadap kondisi lingkungan dan lebih muda putus asa bila mengalami stres. Kondisi sebaliknya, dialami oleh orang-orang yang memiliki taraf IQ rata-rata namun memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Jenis penelitian ini adalah jenis kuantitatif, metode pengumpulan data menggunakan angket sebagai instrument dan wawancara, observasi serta dokumentasi sebagai pendukung. Responden dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa kelas XI-IIS1 yang menjadi sampel. Teknik analisis data yang digunakan sesuai dengan desain penelitian ini yaitu One-Group Pre-Test PostTest yaitu design tanpa menggunakan kelompok kontrol dan menjelaskan perbedaan antara
O
1dan O2 diasumsi merupakan efek dari eksperimen atau perlakuan yang diberikan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil analisis uji-t dengan membandingkan nilai thitung untuk
taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 10 dapat diketahui thitung > ttabel yaitu 4,347 > 1,812, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI-IIS1 SMA Muhammadiyah 2 Medan.
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, dan Kecerdasan Emosional Siswa
Full Text:
PDFReferences
Nurla Isna A, (2012), Mencetak Karakter Anak Sejak Janin, Jogjakarta: Diva Press.
Abu Bakar M. Luddin, (2016), Psikologi dan Konseling Keluarga, Binjai: Difa Grafika.
Nurisan Achmad Juntika, (2014), Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar
Kehidupan, Bandung: Rafika Aditama.
Prayitno, (2012), Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling.
Hamzah B. Uno, (2008), orientasi baru dalam psikologi pembelajaran, Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Yudrik Jahja, (2011), psikologi perkembangan, Jakarta: Kencana.
Tiantoro Safaria, (2009), Manajemen Emosi, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Al.Tridhonanto dan Beranda Agency, (2010), meraih sukses dengan kecerdasan emosional,
Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif, dan
R&D, Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v1i1.527
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
===========================================================================================================
LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :
ISSN (print) : 2656-2782 ISSN (online) : 2720-9806
INDEX BY :