EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KORBAN BROKEN HOME DI SMA NEGERI 1 DOLOK MERAWAN
Abstract
Penyesuaian diri merupakan kemampuan individu untuk mengatasi hal-hal baru yang
membangun hubungan yang lebih baik dan serasi antara individu dengan lingkungan
sekitarnya. Siswa korban broken home cenderung memiliki motivasi belajar yang rendah, kurangnya disiplin remaja dan meningkatnya kenakalan remaja. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Dolok Merawan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa korban broken home di SMA Negeri 1 Dolok Merawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimendengan desain penelitian Quasi Experimental Designdan modelnya menggunakanNonequivalent Control Group Design. Populasi penelitiannya adalah 16 siswa dan sampelnya adalah 14 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui angket dan observasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil perhitungan dari uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed)< 0,05 (0,000 < 0,05). Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, layanan konseling kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa
korban broken home di SMA Negeri 1 Dolok Merawan dan terdapat peningkatan penyesuaian diri siswa broken home setelah diberikan perlakuan (treatment) berupa layanan konseling kelompok.
Kata Kunci : Layanan Konseling Kelompok, Penyesuaian Diri, Siswa Broken Home
Full Text:
PDFReferences
Andriyani, Juli. (2016). Korelasi Peran Keluarga Terhadap Penyesuaian Diri Remaja.Jurnal Al-Bayan, 22(34)
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik.Bandung : Remaja Rosda Karya
Farid. Mashudi. (2012). Psikologi Konseling. Yogyakarta : IRCiSoD
Harsanti, Intaglia ,dkk. (2013). Kenakalan Pada Remaja yang mengalami perceraian orang
tua. oceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil). Vol. 5
Oktober 2013,Bandung, 8-9 Oktober 2013 ISSN: 1858-2559
Hurlock. (1991). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.
Jakarta : Erlangga
J. P, Chaplin. (2004).Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grasindo Persada
Juntik, Achmad. (2009).Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling. Bandung : Refika
Aditama
Mohammad, Ali. (2006). Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi
Aksara
Ningrum, Putri Rosalina. (2013). Perceraian Orang Tua dan Penyesuaian Diri Remaja (Studi
Kasus Pada Remaja Sekolah Menengah Atas / Kejuruan di Kota Samarinda). EJurnal
Psikologi.
(1)
Nur
Asih
Hidayanti.
(2007).
Keefektifan
Layanan
Konseling
Kelompok
Untuk
Meningkatkan
Kemampuan
Siswa Dalam Pengambilan Keputusan Pemilihan Jurusan. Skripsi
Unnes
Nurmalasari. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Harga Diri. Fakultas
Psikologi Universitas Gunadarma. Jurnal Psikologi
Prayitno. (2009). Layanan L1-L9. Padang : UNP
Setiono, Kusdwiratri. (2011). Psikologi Keluarga. Bandung: PT Alumni
Supriadi, dkk. Pendampingan Keagamaan Bagi Anak-Anak Keluarga Broken Home Di Pondok
Pesantren Dan Panti Asuhan Sabilul Huda Yogyakarta. Yogyakarta, SeptemberJanuari.
ISSN:
-8924.
e-ISSN:2685-8681
Tohirin.(2017).
Bimbingan
dan
Konseling
di
Sekolah
dan
Madrasah.
Jakarta
:
Raja
Grafindo
Persada
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i2.2166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
===========================================================================================================
LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :
ISSN (print) : 2656-2782 ISSN (online) : 2720-9806
INDEX BY :