EFEKTIVITAS TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR ONLINE SISWADI MTs. NURUL HIKMAH AEK GERGER SIMALUNGUN
Abstract
Kejenuhan belajar adalah suatu kondisi mental seseorang saat mengalami rasa bosan
dan lelah yang amat sangat sehingga mengakibatkan timbulnya rasa lesu tidak bersemangat atau hidup tidak bergairah untuk melakukan aktivitas belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Tingkat kejenuhan belajra online siswa di MTs Nurul Hikmah Aek Gerger Simalungun. 2) keefektifan teknik modeling di MTs Nurul Hikmah Aek Gerger Simalungun. 3) Faktor Pendukung dan Penghambat belajar online siswa di MTs Nurul Hikmah Aek Gerger Simalungun. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode naturalistik inquiryuntuk mengurangi kejenuhan belajar online siswa di MTs. Nurul Hikmah Aek Gerger Simalungun. Subyek penelitiannya yaitu guru BK, guru mata pelajaran dan siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan komposisi data. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah :1) kejenuhan belajar online terjadi karena fasilitas yang tidak memadai dan jaringan yang tidak mendukung. 2) ke efektifan teknik modeling dapat dilihat dari usaha guru BK dalam memberikan layanan bimbingan konseling dan perubahan yang ditunjukan oleh siswa. 3). Faktor pendukung belum memadai sehingga menjadi faktor penghambat belajar online.
Kata Kunci: Teknik Modeling, Kejenuhan Belajar Online
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah Robiatul, R. A. (2013) Kecerdasan Emosional, Dukungan Sosial dan Kecenderungan Burnout. Persona : Jurnal Psikologis Indonesia
Anugrahana. Andri. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar
Arifa, F.N. (2020).Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat : Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual gfttDan Strategis, XII.
Hartono, Boy Soedarmadji.(2013). Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana.
Kadir, Astaman & Masdul, M.R. (2018). Upaya Mengatasi Kejenuhan Belajar.Jurnal Kolaboratif Sains, 1.
Sari Gantina, k, dkk.(2016). Teori dan Tekhnik Konseling. Jakarta: PT indeks.
Sofyan.(2013). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.
Sugiana Gian. (2011).Tekhnik Self Intruction dalam Menangani Kejenuhan Belajar Siswa (Pra
Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI IPA SMA Angkasa Lanud Husen Sastranegara Bandung.
Syah Muhibbin.(2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Taradisa Nindia, dkk.(2020). Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MIN 5 Banda Aceh.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i2.2165
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
===========================================================================================================
LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :
ISSN (print) : 2656-2782 ISSN (online) : 2720-9806
INDEX BY :