PENTINGNYA LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BAGI PESERTA DIDIK

Yusmaini Ayu Batubara, Jihan Farhanah, Melina Hasanahti, Anggi Apriani

Abstract


Guru Pembimbing adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam memberikan bimbingan dan konseling disekolah/madrasah terhadap perkembangan kepribadian anak baik dari aspek jasmani maupun aspek rohani agar peserta didik dapat hidup mandiri dan untuk memenuhi berbagai tugas perkembangannya sebagai makhluk Allah disamping makhluk individu dan makhluk sosial, susila, beragama, dan berbudaya. Konseling adalah upaya membantu individu melalui proses interaksi yang bersifat pribadi antara konselor dan konseli agar konseli mampu memahami diri dan lingkungannya, mampu membuat keputusan dan menentukan tujuan berdasarkan nilai yang diyakininya sehingga konseli merasa bahagia dan efektif perilakunya. Bimbingan Konseling berada dalam posisi kunci dalam sebuah lembaga pendidikan, yaitu institusi sekolah sebagai pendukung maju atau mundurnya mutu pendidikan. Peran bimbingan dan konseling dalam meningkatkan mutu pendidikan tidak hanya terbatas kepada bimbingan yang bersifat akademik tetapi juga bimbingan pribadi, sosial, intelektual, dan pemberian nilai. Teori-teori yang kami ambil ialah dari buku-buku yang ada dan pendapat ahli di dalam bidangnya.


Full Text:

PDF

References


Badrujama, Alip. Teori dan Aplikasi Program Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Indeks

Ditjen PMPTT Diknas.(2008). Bimbingan dan Konseling di sekolah. Direktur Tenaga

Kependidikan

Nurihsan, Achmad Juntika. (2009).Bimbingan dan Konseling Berbagai Latar Kehidupan,

Bandung: PT Refika Aditama,

Prayitno, dkk.(2008). Dasar – dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta : Pt Rineka Cipta

Sukardi, Dewa Kentut, Dasar-Dasar Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah. Jakarta:

Rineka Cipta

Tohirin.(2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (berbasis

intregasi).Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i1.1197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :