PEMANFAATAN TEKNOLOGI PRESENTASI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUSDA PERBAUNGAN
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: 1. Pemanfaatan Teknologi presentasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Musda Perbaungan. 2. Respons siswa terhadap penggunaan teknologi presentasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Musda Perbaungan. 3. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatan teknologi presentasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Musda Perbaungan.. Jenis penelitian ini adalah kulitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pemanfaatan teknologi presentasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Musda Perbaungan.memberikan dampak positif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Guru memanfaatkan teknologi presentasi seperti PowerPoint untuk menyajikan materi dengan cara yang lebih menarik dan interaktif, terutama dalam menyampaikan materi yang membutuhkan visualisasi seperti kisah-kisah dalam sejarah Islam dan konsep-konsep ibadah. 2. Respons siswa terhadap penggunaan teknologi presentasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Musda Perbaungan menunjukkan bahwa teknologi ini memiliki dampak positif terhadap keterlibatan dan pemahaman siswa. Teknologi presentasi berhasil membuat materi ajar lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. 3. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatan teknologi presentasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Musda Perbaungan yaitu dukungan infrastruktur, kesiapan guru, dan motivasi siswa adalah faktor kunci yang mendukung implementasi teknologi. Sedangkan faktor yang menghambat misalnya masalah teknis, keterampilan guru, distraksi siswa, dan integrasi dengan kurikulum
Full Text:
pdf (Indonesian)References
REFERENSI
Abied. (2019). Tujuan Pendidikan Agama Islam.
Aisyah, S. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Agama. _Jurnal Ilmiah Pendidikan_, 9(3), 60-72
Amini, & Ibrahim, A. (2016). Agar Tidak Salah Mendidik Anak. Al-Huda.
Anderson, & H, R. (1987). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran, Jakarta : Rajawali, 1987. Rajawali.
Arifin, A. (2020). Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undang- Undang Sisdiknas. Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Depag.
Arsyad, A. (2018). Media Pengajaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Azhar, A. (2018). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Azhar, F. (2021). Implementasi Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 22-37
DEPDIKNAS, R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor : 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. DEPDIKNAS RI.
Fauzi, A., & Rahmawati, D. (2021). Generasi Digital dan Pembelajaran Berbasis Teknologi: Studi Kasus di SMP. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Agama, 8(2), 90-105.
Fitriani, D., & Fauzi, A. (2022). Keterampilan Teknologi Guru dan Pengaruhnya terhadap Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 15(2), 82-92.
Fitriani, D., & Sari, N. (2020). Pengaruh Teknologi Presentasi terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(1), 45-56.
Fitriyani, D., & Nurhayati, S. (2020). Pengaruh Media Presentasi terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 45-55.
Habibullah, A., & Dkk. (2019). Efektifitas Pokjawas dan Kinerja Pengawas Pendidikan Agama Islam. PT. Pena Citasatria.
Haryanto, A., & Rahmawati, L. (2021). Kendala Teknis dalam Penggunaan Teknologi Pendidikan di Kelas. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(4), 55-67.
Hidayah, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. _Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran_, 8(2), 45-56
Hidayat, A. (2021). Penggunaan Teknologi Presentasi Selama Pandemi COVID-19: Studi Kasus di Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi, 12(3), 45-59
Junaidi, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Agama Islam. _Jurnal Penelitian Pendidikan Agama_, 5(1), 33-48
Kenthut, & Rahadi, A. (2019). Pelatihan Pemanfaatan TIK Untuk Pembelajaran Tingkat Nasional Tahun 2008 Pembuatan Teknologi presentasi.
Kurniawan, A., & Nisa, R. (2022). Pelatihan dan Dukungan Sekolah dalam Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran Agama. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(3), 45-55.
Majid, A., & Andayani, D. (2016). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. PT Remaja Rosdakarya.
Miarso, Y. hadi, & Dkk. (2017). Teknologi Komunikasi Pendidikan : Pengertian dan Penerapannya di Indonesia. CV. Rajawali.
Moeliono, A., & Dkk. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Muhaimin, & Dkk. (2018). Paradigma Pendidikan Islam : Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Remaja Rosdakarya.
Mujib, A., & Dkk. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.
Mulyasa, E. (2017). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Munadi, Y. (2019). Media Pembelajaran : Sebuah Pendekatan Baru. Gaung Persada Press.
Nizar, S. (2021). Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Gaya Media Pratama.
Nugroho, B. (2020). Prezi sebagai Alternatif Teknologi Presentasi Non-Linear di Indonesia. Jakarta: Penerbit Media Akademik
Nurfauziah, H. (2021). Penggunaan Teknologi Presentasi untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Edukasi Islam, 10(3), 65-78.
Prasetyo, E., & Anisa, S. (2022). Pelatihan Guru dalam Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran: Studi Kasus di Sekolah Menengah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(3), 85-94.
Prasetyo, E., & Kusuma, J. (2022). Tantangan dalam Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran: Perspektif Guru dan Siswa. Jurnal Pendidikan Modern, 14(1), 78-89.
Pratiwi, S., & Yuliana, M. (2021). Dukungan Teknologi dalam Pembelajaran: Studi Kasus di Sekolah Menengah. Jurnal Edukasi Teknologi, 11(2), 55-66.
Rachman, F., & Lestari, S. (2021). Tantangan Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Islam Modern, 12(1), 75-89.
Sadiman, A., & Dkk. (2018). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Remaja Rosdakarya.
Saepudin, D., & Hasbi, M. (2021). Implementasi Teknologi dalam Pengajaran PAI: Studi di Sekolah Menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(2), 120-130.
Santoso, R., & Dewi, M. (2020). Kesiapan Siswa dalam Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Modern, 10(1), 71-81.
Sari, R., & Hadi, A. (2020). Kendala Teknis dalam Penggunaan Teknologi Pendidikan di Kelas. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(4), 112-123.
Sari, R., & Ismail, H. (2021). Pengaruh Teknologi Presentasi terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 95-104.
Setiawan, B., & Prabowo, J. (2022). Integrasi Teknologi dalam Kurikulum: Tantangan dan Solusi. Jurnal Edukasi Teknologi, 12(1), 68-77.
Soejanto. (2021). Bimbingan ke Arah Belajar yang Sukses. Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cet. XIII). Rosdakarya Offset.
Susanto, E. (2018). Pembelajaran Berbasis Kompetensi PAI
Sutikno, M., & Sobry. (2017). Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. NTP Press.
Sukmawati, E., & Safarudin, A. (2021). Teknologi Presentasi dalam Pembelajaran Agama: Dampak dan Tantangan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 33-42.
Suryani, T., & Ramadhani, I. (2020). Hambatan dalam Penggunaan Teknologi di Kelas: Perspektif Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 5(4), 98-105.
Widodo, S., & Setiawan, B. (2021). Penggunaan Media Presentasi dalam Pembelajaran dan Dampaknya terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2), 67-78.
Wulandari, I., & Nugroho, A. (2021). Efektivitas Teknologi Presentasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(3), 90-102.
Yuliana, M., & Wibowo, S. (2021). Infrastruktur Teknologi dan Dampaknya terhadap Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 14(3), 113-123.
Zuhairini, A. G., & Yusuf, S. A. (2021). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel – Malang.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v14i1.4738
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 muharima Hijra Utami, Susanti Nirmalasari, Irwansyah Irwansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.