PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MOTION COMIC DAN EFEKTIVITASNYA DALAM PENYAMPAIAN MATERI AKHLAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR NAMIRA MEDAN

Gunawan Gunawan

Abstract


Saat ini dunia anak-anak tidak luput dengan dunia animasi, penggunaan Media Pembelajaran berbasis animasi sangat diminati oleh kalangan siswa di usia sekolah mereka, tidak hanya animasi pembelajaran, komik berbasis cerita juga tidak luput dari aktivitas mereka. Pembelajaran Motion Comic juga saat ini sudah mulai tidak menjadi sesuatu hiburan yang aneh bagi dunia anak di usia sekolah dasar, banyak tontonan dan tayangan di media Youtube yang menyajikan Motion Comic dalam bentuk vedio. Hal ini yang membuat penulis untuk mencoba memadukan pebelajaran animasi dengan vedio yang akan menghasilkan Motion Comic dalam pembelajaran. Pembelajaran Akhlak menggunakan Motion Comic akan menajadi sebuah daya tarik baru bagi siswa-siswi sekolah dasar dalam memahami materi pembelajaran, terutama pembelajaran Akhlak. Pembelajaran Akhlak dengan Motion Comic, apalagi diusia mereka sangat dekat dengan fasilitas yang mendukung dalam menyaksikan pembelajaran dengan Motion Comic, telepon genggam, komputer juga sudah tidak menjadi barang mewah disaat ini, ini lah menjadi factor utama penambahan media pembelajaran baru dalam dunia pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih, 2015 “Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar” Journal Pedagogia 4, 1 55

Agustina Sofia Eka, 2017 “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks” Aksara jurnal bahasa dan sastra 19,1, 88-92

Amertawengrum, 2010 “Teks dan Intertekstuaitas” Magistra 73, 1-2.

Echols, 2011 “Storytelling” Aliyah 11-19.

Gunawan, G. (2018). REKONDISI SILABUS MATAKULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PRODI DESAIN GRAFIS KONSENTRASI MULTIMEDIA POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF PSDD MEDAN. JURNAL TARBIYAH, 25(2).

Meilani, 2013 “Penerapan Lingkaran Warna dalam Berbusana” Humaniora 4, 1:327-328.

Mudlohir, ali, 2016. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muhammad, Setiawan, 2015 “Perancangan Motion Comic Edukasi Pencegahan Bullying Untuk Anak Sekolah Dasar” UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Pradinta, Rangga, 2014 “Perancangan Motion Comic Thandara dan Arsip Gundala” Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Senirupa dan Desain 1 3

Prana Indiyah, Amertawengrum, 2010. “Teks dan Intertekstualitas”, Magistra 73, 1-2

Tsalits, Shofa, Farah, 2013 “Efektivitas Metode Storytelling Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam” Program Studi Psikologi Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya 17-19

Utami, Dina, 2011 “Animasi Dalam Pembelajaran”, Majalah Ilmiah Pembelajaran 1, 7 44- 45

Yuswanti, “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV, Jurnal Kreatif Tadul ako Online 3, 4 192-196.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v8i1.459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TAZKIYA

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.