KESULITAN GURU PENDIDIKAN Al-QUR’AN DAN HADIS DALAM MENERAPKAN METODE HAFALAN DI MTs Al ARIFIN

Roy Ramadhan Tambunan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru Alquran dan hadis di MTs Al Arifin. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, presepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan paedagogik. Teknik pengumpulan datanya yakni: observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentas triangulasii. Analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Temuan penelitian ini menjelaskan: bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan guru Alquran Hadis dalam menerapkan metode hafalan di MTs Al-ARIFIN  


Full Text:

PDF

References


Al-Qaradhawi, Yusuf. 1999. Berinteraksi dengan Al-Qur’an, Gema Insani: Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta: Jakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1993.Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka: Jakarta.

Kementerian Agama RI. 2010. Al-Quran dan Terjemahnya. PT. Tehazed: Jakarta.

Nawabuddin, Abdurrabb. 1993. Kaifa Tahfazul Qur’an (terj. Metode Praktis Hafal Al-Qur’an, S. Ziyad Abbas), Firdaus: Jakarta.

Muhsin, Ali. Pengaruh TPA Terhadap Penigkatan Program Tahfidz Quran di SMP Islam Tsamrotul Huda Sidoharjo Gedeg Mojokerto. Jornal Kuttab, Vol. 1, No. 2, September, 2017.

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algesindo, Bandung.

Suryabrata, Sumadi.1990. Psikologi Pendidikan, Rajawali Press: Jakarta.

Wijaya, Ahsin. 1994. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an, Bumi Aksara: Jakarta.

Wijaya, Ahsin. 1994, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an, Bumi Aksara: Jakarta.

Zuhairi, 1993. Metodologi Pendidikan Agama, Romadhoni: Solo.

Zen, Muhaemin. 1985. Tata Cara dan Problematika Menghafal Al-Qur’an, Al- Husna: Jakarta.

Vera, ida Shopiya dan Saiful Mujab. 2004. “Metode Baca Al-Quran”, Elementary, Vol. 21. Juli-Desember.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v8i1.455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TAZKIYA

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.