PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING KELAS VIII DI PONDOK PESANTREN MODERN TA’DIB AL-SYAKIRIN TITI KUNING KECAMATAN MEDAN JOHOR

Humaidah Br Hasibuan

Abstract


Penelitian ini berujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan pendidik dalam menerapkanmetode sorogan dan mengetahui hambatan-hambatan yang di hadapi pendidik dan solusi penanggulangannya dalam menerapkan metode sorogan serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning dalam pembelajaran Kitab Kuning Kelas VIII di Pondok PesantrenModern Ta’dib Al-syakirin Titi Kuning Kecamatan Medan Johor.Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan ilmiah. Sedangkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan dalam penerapan metode sorogan adalah menumbuhkan rasa semangat dalam diri guru, memahami ilmu nahwu dan shorof, selalu mengaplikasikan di kelas, membuat absensi siswa dan melakukan penilaian. Sedangkan hambatan yang dirasakan oleh pendidik adalah keterbatasan waktu dan tidak efektif dan efisien. Adapun kelebihan metode sorogan adalah terjadi hubungan yang harmonis, membimbing secara maksimal dan mengetahui kualitas siswanya. Adapun kelemahannya adalah tidak efektif dan efisien, menimbulkan kebosanan dan hanya menangkap verbalisme semata.

Kata Kunci: Penerapan, metode, sorogan, kitab kuning


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v7i2.384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TAZKIYA

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.