KONSEP DARASA DALAM ALQURAN DAN IMPlIKASINYA DALAM BELAJAR

Halim Nasution

Abstract


Pada hakikatnya konsep darasa adalahproses upaya membangunmakna, pengertian dan pemahaman terhadapinformasi danpengalaman. Proses menuju suatu perubahanyaituperubahan dalamtingkahlaku, pengetahuan atau keterampilan sebagaihasildariinteraksidengan  media pembelajaran berupa ayat-ayat Allah.Berdasarkan kajian yang dilakukan  tentang darasa, dapat difahami  maknadarasa ini adalah  membaca secacara terus menerus, berulang-ulang, mempelajari dan menganilisisnya sampai menguasai, menghafal dan menghasilkan pengaruh pada diri orang yangmembaca, Dalam konsep darasa ini  ada beberapa unsur sehingga terjadi proses belajar, yakni adanya tujuan yang ingin dicapai, materi pelajaran sebagai  media untuk mencapai tujuan pembelajaran,kegiatan belajar dengan bentuk darasa  yakni membaca dan menganalisis secara berulang dan kontinyu, ada media belajar dalam hal ini adalah ayat-ayat Allah baik yang tertulis (kitab) maupun yang tak tertulis ( alam ciptaan Allah).  Ada metode belajar dengan pola darasa yakni belajar secara kontinyu, secara berulang, belajar dengan menganalisis untuk dapat memahami apa yang dibaca sehingga hasil dari membaca ini dapat menghasilkan sikap, pengetahuan dan keterampilan bagi pembaca dan adanya evaluasi yakni poses pengukuran ketercapaian tujuan dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan, dalam arti terencana, sesuai dengan prosedur dan prinsip pengukuran

Kata kunci: darasa, belajar, tujuan, materi, media, metode dan evaluasi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v7i2.383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TAZKIYA

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.