HADIS-HADIS TENTANG KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM

farida jaya

Abstract


Hadis sebagai sumber ajaran Islam yang kedua setelah al-Qur’an, merupakan sarana fungsionalis untuk menggali konsep kurikulum pendidikan Islam. Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan dalam sistem pendidikan, karena kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pendidikan pada semua jenjang tingkat pendidikan. Kurikulum yang baik dan relevan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Islam adalah yang bersifat integral dan komprehensif serta menjadikan al-Qur’an dan Hadis sebagai sumber utama dalam penyusunannya.

Al-Syaibany mengatakan bahwa dasar-dasar umum yang menjadi landasan kurikulum pendidikan Islam adalah: (1) Dasar Agama, (2) Dasar Falsafah, (3) Dasar Psikologis, dan Dasar Sosial. Oleh sebab itu, dalam merumuskan  kurikulum atau materi pendidikan Islam harus mempertimbangkan 5 (lima) prinsip sebagai berikut: Pertama, mata pelajaran ditujukan untuk mendidik ruhani atau hati. Kedua, mata pelajaran yang diberikan berisi tentang tuntunan cara hidup. Ketiga, mata pelajaran yang disampaikan hendaknya mengandung ilmiah. Keempat, mata pelajaran yang diberikan harus bermanfaat secara praktis bagi kehidupan. Kelima, mata pelajaran yang disampaikan harus membingkai terhadap materi lainnya. Jadi, ilmu yang dipelajari berguna untuk ilmu lainnya.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v7i1.263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TAZKIYA

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.