KESULITAN MAHASISWA MENGIKUTI PERKULIAHAN DARING SELAMA COVID-19 (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Padangsidimpuan Sumatera Utara)

Erna Ikawati, Efrida Mandasari Dalimenthe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala perkuliahan daring terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri Padang­sidimpuan. Penelitian ini berlang­sung pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket melalui google form, wawan­cara, dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil pene­li­tian bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri Padang­sidimpuan banyak mengalami kesulitan selama perkuliahan daring. Kesulitan perkuliahan daring di antaranya adalah permasalahan sinyal, jaringan, dan kuota data untuk mengakeses Google Meet atau Zoom. Akibat sinyal internet kurang bagus, banyak mahasiswa sibuk mencari tempat yang jaringannya kuat agar dapat mengakses informasi saat perkuliahan daring. Karena banyaknya mahasiswa mengeluh akibat sinyal internet tidak bagus, maka dosen memilih membagikan materi hanya melalui aplikasi whatsapp. Atas dasar masalah tersebut, penjelasan materi dari dosen terkadang tidak tersampaikan dengan efektif dan efisien.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anhusadar, L. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Daring di Masa Pandemi Covid-19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3 (1), 44.

Anugrahana, A. Hambatan, Solusi, dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10 (3), 282-289.

Azizan, N. L. (2020). Pemanfaatan Media Youtube untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Darul 'Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 8 (2), 195-212.

Basilaia, G. &. (2020). Transition to Daring Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (Covid-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5 (4).

Dewantara, J. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5 (1), 367-375.

Gorbalenya A. E., d. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5 (6), 51-56.

Laksana, D. N. (2020). The Implementation Of Daring Learning During Covid-19 Pandemic: Student Perceptions in Areas With Minimal Internet Access. Journal of EducationTechnology, 4 (4), 502–509.

Lubis, M. A. (2020). Persepsi Orang Tua dalam Memanfaatkan Durasi Penggunaan Gadget Untuk Anak Usia Dini Saat Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 4 (1), 63-82.

Mishra, L. G. (2020). Daring Teaching-Learning in Higher Education During Lockdown Period of Covid-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Open, 1 (June).

Muhassanah, N. W. Analisis Persepsi Mahasiswa Program Studi Matematika dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Arithmetic: Academic Journal of Math, 2 (2).

Nurdin, N. &. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1).

Rafique, G. M. Readiness for Daring Learning During Covid-19 Pandemic: A survey of Pakistani LIS Students. Journal of Academic Librarianship, 47 (3).

Rahmatih, A. N. (2019). Persepsi Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menanggapi Perkuliahan secara Daring Selama Masa Covid-19. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6 (1), 143-153.

Remuzzi, A. &. (2020). Covid-19 and Italy: what next? 395.

Satrianingrum, A. P. (2020). Persepsi Guru tentang Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 633.

Sila, V. U. Persepsi Mahasiswa Universitas Timor Prodi Pendidikan Biologi terhadap E-Learning pada Kondisi Pandemi Covid-19. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika, dan Sains, 5 (2), 123-138.

Yulianingsih, I. d. (2020). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Olahraga terhadap Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid-19. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 4 (1), 31-45.

Zhafira, N. H. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4 (1), 37-45.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v11i1.1164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) Juni 2022 Erna Ikawati, Efrida Mandasari Dalimenthe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.